BEM USD Ajak Anak Muda Kritisi Isu Sosial dengan Terarah

Badan Eksekutif Mahasiswa USD akan mengadakan Bincang-Bincang Seni Budaya dan Humaniora (BBSBH) bertajuk 'Artivisme'.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Untuk mewujudkan misi 'Memanusiakan Manusia', Kementerian Pemberdayaan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) Badan Eksekutif Mahasiswa USD akan mengadakan Bincang-Bincang Seni Budaya dan Humaniora (BBSBH) bertajuk 'Artivisme'.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Minggu (25/10/2015) di Auditorium Sanata Dharma ini, akan mengundang pembicara I Gede Ari Astina (JRX) drummer band SID dan juga aktivis Bali Tolak Reklamasi Teluk Banda, Anti-Tanx Project street artist dan aktivis Warga Berdaya Jogja serta moderator Riezky Andhika Pradana seorang vokalis Kiki and the Klain dan juga jurnalis.

Kementrian PSDM BEM Universitas Sanata Dharma beranggapan, ada indikasi degredasi moral pada cendekiawan muda bangsa dalam hal kekritisan.

Menurunnya kekritisan anak muda yang mulai tidak elegan dan kontekstual menjadi alasan diadakannya kegiatan ini. Bahkan tidak jarang, kritikan tersebut kini sudah mulai dituangkan melalui seni.

Karenanya, seni kini bukan hanya dipandang sebagai sarana hiburan tetapi juga memiliki fungsi yang lebih mendalam yaitu sosialisasi.

Untuk mewujudkan aksi nyata, pada bulan selanjutnya setelah acara ini dilangsungkan, akan dilaksanakan follow up pemutaran film 'Belakang Hotel'.

Peserta BBSBH dan masyarakat umum diharapkan hadir dan bergabung agar sahabat muda akan lebih terbuka dengan isu nyata yang terjadi di lingkup Yogyakarta pada khususnya dan lingkungan masyarakat pada umumnya.

Selain agar sahabat muda yang hadir akan lebih membuka diri dengan gejala-gejala yang terjadi di masyarakat dan mengkritisi, harapannya mereka juga bisa membuat aksi yang konkrit.

Harapannya, dengan adanya acara ini, anak muda akan lebih berani menjadi pribadi yang lebih kritis namun terarah, dan tanpa kekerasan. (*)

Penulis: gya
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved