Breaking News:

Lihatlah, Sampah Plastik Bertebaran di Jalur Wekas ke Puncak Merbabu!

Sebaran dan tumpukan sampah botol-botol plastik bekas minuman itu ia saksikan saat melintasi Pos 2 di jalur pendakian Wekas

DEDI H PURWADI
Tumpukan sampah di Gunung Merbabu, tepatnya jalur pendakian Wekas, Kaponan, Kabupaten Magelang. 

TRIBUNJOGJA.COM, JOGJA - Penulis yang juga fotografer senior Dedi H Purwadi berkisah tentang keprihatinannya melihat sebaran dan tumpukan sampah plastik yang merusak keindahan pemandangan Gunung Merbabu.

Sebaran dan tumpukan sampah botol-botol plastik bekas minuman itu ia saksikan saat melintasi Pos 2 di jalur pendakian Wekas, Kaponan, Kabupaten Magelang, Senin (13/4/2015) pagi.

Dedi bersama anak dan dua teman anaknya dalam perjalanan turun setelah naik ke puncak sehari sebelumnya lewat jalur Selo, Boyolali. Foto pemandangan menyesakkan di lereng Merbabu itu ia bagi untuk pembaca Tribun.

"Apakah ini ulah pendaki, pekemah, atau pengunjung pos? Harusnya pendaki atau siapapun tidak akan pernah tinggalkan sampah, harusnya membawa turun sampah ke base camp," kata Dedi Purwadi, Selasa (14/4/2015) malam.

"Kami pun bahkan membawa pulang sampah logistik kami ke rumah. Anak saya betul-betul marah melihat pemandangan tadi di pos 2 Wekas," imbuhnya.

[berita popular] Janda Cantik Dibunuh karena Tutup Hidung Saat Berhubungan Badan

Pemandangan di Pos 2 jalur pendakian Wekas ini benar-benar kontras dengan keindahan panorama sabana dan puncak Merbabu. Beberapa foto menakjubkan puncak Merbabu hasil jepretan mantan jurnalis foto Harian Bernas ini juga dibagikan.

Dedi H Purwadi

Jalur Wekas terhitung rute favorit karena jarak tempuh ke puncak Merbabu relatif pendek. Posisi jalurnya ada di Dusun Wekas, Kaponan, yang terletak antara Kopeng-Sawangan, Magelang. Dari Kaponan pendaki berjalan kaki melewati jalanan berbatu sejauh sekitar 3 Km menuju base camp atau pos 1.

Pos 2 merupakan sebuah tempat yang terbuka dan datar, yang biasa didirikan hingga beberapa puluhan tenda. Pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur lokasi ini kerap digunakan untuk berkemah.

Halaman
12
Tags
Pendaki
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Hendy Kurniawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved