Senjata Ninja, dari Kuku Beracun hingga Jepit Rambut Pencabut Nyawa

Misteri ini berhasil diungkap oleh para peneliti yang secara khusus meneliti senjata-senjata kuno yang digunakan para ninja

Senjata Ninja, dari Kuku Beracun hingga Jepit Rambut Pencabut Nyawa
IST
Ilustrasi Ninja 

TRIBUNJOGJA.COM - Ninja, pembunuh yang misterius, sadis dan tentu saja handal. Bahkan banyak aksi dan teknik beladiri yang luar biasa yang tak bisa dipraktikan oleh orang lain. Biasanya, ninja melengkapi diri dengan katana maupun senjata andalannya yakni shuriken. Setidaknya hal itulah yang kerap kali disaksikan melalui tayangan film mengenai ninja. Tapi apakah memang benar, para ninja ini hanya memiliki shuriken dan katana? Ternyata tidak, Ninja setidaknya memiliki 10 senjata mematikan lainnya yang membuatnya makin ditakuti lawan. Dari kesepuluh ini, beberapa diantaranya merupakan keahlian para ninja. Misteri ini berhasil diungkap oleh para peneliti yang secara khusus meneliti senjata-senjata kuno yang digunakan para ninja.

1. Menebak waktu

Jaman dahulu ketika belum ditemukan jam atau penunjuk waktu, ninja dapat mengetahuinya secara presisi hanya dengan melihat pada mata kucing. Penjelasan sederhananya, pupil kucing biasanya melebar pada pagi hari untuk menangkap sinar matahari lebih banyak, kemudian akan menyempit atau mengecil pada siang hari untuk menghalau banyaknya sinar matahari yang masuk, sementara pada malam hari, pupil mata kucing akan semakin melebar. Adapun dalam bahasa jepang keahlian ini disebut nekome-jutsu.

2. Berlari diatas air

Pada jaman dahulu, parit kerap kali digunakan untuk menghalau musuh. Maka tak heran, parit kerap kali ditemukan mengelilingi pusat kerajaan. Untuk menaklukannya, Ninja menggunakan alat bernama Mizu-Gumo, sejenis sandal bulat. Papan ini memiliki empat papan melengkung dari kayu atau kulit binatang. Kemudian dirangkai tali untuk menyatukan satu papan yang ada di bagian tengah. Para peneliti belum yakin benar mengenai seluk beluk alat ini, tapi mereka memastikan bahwa alat ini hanya bisa digunakan sambil berlari, tidak untuk berdiam diri diatas air.

3. Alat bantu pendengaran

Ninja tak hanya melakukan tugas pertarungan secara langsung. Adakalanya para ninja hanya ditugaskan untuk menjadi mata-mata untuk mencuri informasi. Untuk melaksanakan tugas ini, tentu ninja harus memiliki keahlian pendengaran yang baik. Ninja menggunakan sebuah alat yang dinamakan Hikigane Saoto yang berbentuk kerucut. Biasanya terbuat dari logam atau bisa juga dari kayu. Ini merupakan alat andalan ninja ketika ingin menguping dan menyadap informasi dari pihak lawan meskipun terhalangi dinding.

4. Penghangat tubuh

Tugas seorang ninja kerap kali tak mengenal waktu. Adakalanya ninja harus melakukan misi pengintaian berhari-hari di bawah suhu dingin. Ninja punya alat bernama DOnohi. Alat ini terbuat dari bambu, besi atau tembaga. Namun kebanyakan terbuat dari bambu. Di dalamnya, tersimpan mesiu, alkohol ataupun kain. Sehingga bisa dinyalakan dan menghasilkan panas untuk bertahan dari suhu dingin. Tingkat temperaturnya juga bisa disesuai dengan alat yang bernama Tsuketake yang mengatur berapa banyak bahan yang harus di bakar. Sekali dibakar, Donohi bisa bertahan berhari-hari.

5. Jepit rambut pencabut nyawa

Halaman
123
Tags
Ninja
Penulis: mon
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved