Tribun Otomotif

Jaga Kaca Mobil Agar Tetap Prima

APABILA dipakai untuk beraktivitas penting setiap harinya, kondisi mobil menuntut perawatan yang rutin pula.

Jaga Kaca Mobil Agar Tetap Prima
Tribun Jogja/ Rento Ari Nugroho
Beberapa karyawan di Bambang Kaca di Jln Dr Sutomo53 Yogyakarta sedang melakukan pemasangan kaca mobil. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - APABILA dipakai untuk beraktivitas penting setiap harinya, kondisi mobil menuntut perawatan yang rutin pula. Selain demi alasan keselamatan dan kenyamanan, sejumlah masalah tidak langsung pun bisa terjadi apabila perawatan rutin disepelekan.

Satu contohnya adalah perawatan kaca mobil. Selama ini belum banyak pengguna mobil yang menyadari pentingnya menjaga kaca mobil tetap prima. Yang dimaksud di sini bukan hanya kaca mobil yang bening dan bersih, namun juga yang memenuhi syarat.

Bukan tanpa alasan kaca mobil harus selalu prima. Kondisi kaca mobil juga berpengaruh pada kesehatan pengemudi. Hal itulah yang dialami oleh Jamhur Radhi. Direktur sebuah perusahaan alat medis ini mengalami masalah kesehatan setelah beberapa waktu menggunakan mobil BMW milik keluarga.

"Awalnya saya sering merasa pusing. Sudah periksa juga, tapi tidak ada masalah pada diri saya. Setelah saya amati, ternyata ada keanehan pada kaca mobil. Meski bening dan rutin dibersihkan, namun ternyata ada bagian yang bergelombang," jelasnya ketika ditemui, Jumat (26/9).

Radhi menduga, gelombang tersebut membuat penglihatannya terdistorsi ketika mengemudi. Akibatnya ia pun sering pusing.

"Awalnya saya hanya merasa pusing, namun semakin lama semakin menyusahkan. Akhirnya saya bawa ke bengkel kaca. Dan ternyata betul, masalahnya ada paca kaca mobil yang terdistorsi tersebut. Daripada repot, akhirnya saya putuskan kacanya diganti total saja," katanya.

Bikin silau

Masalah lain yang sering terjadi pada kaca mobil adalah kaca yang menjadi bias dan silau ketika dipakai berkendara di malam hari, terlebih di bawah hujan deras. Ketika berpapasan dengan kendaraan dari arah berlawanan, kaca terasa menyilaukan sehingga membuat pandangan pengemudi buta sesaat.

Berbagai masalah bisa terjadi pada kaca mobil, baik itu mobil baru hingga mobil lama. Bila dibiarkan, mobil tidak hanya kurang nyaman dikendarai namun juga membahayakan kesehatan dan keselamatan pengemudi. Karena itu, sudah seharusnya kaca mobil juga mendapat perawatan rutin.

Kondisi cuaca yang berubah ubah, panas hujan panas hujan tak sekadar membuat kondisi tubuh jadi kurang sehat alias segala penyakit dapat timbul karenanya. Tak hanya tubuh, pun dapat terjadi pada kaca mobil.

Kerusakan kaca yang kerap terjadi mirip kondisi tubuh manusia ketika tidak fit. Baik penyakit musiman seperti jamur dan flek yang kalau dibiarkan menjadi penyakit kronis. Atau, penyakit berat yang perlu penanganan khusus macam baret dan retak. (toa)

Tags
kaca mobil
Penulis: toa
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved