Tribun Otomotif

Ini Dia Tips Merawat Kaca Mobil Anda

SELAIN karena pemakaian, masalah pada kaca mobil juga dapat timbul karena mekanisme perawatan mobil yang keliru.

Ini Dia Tips Merawat Kaca Mobil Anda
Tribun Jogja/ Rento Ari Nugroho
Beberapa karyawan di Bambang Kaca di Jln Dr Sutomo53 Yogyakarta sedang melakukan pemasangan kaca mobil. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA -  SELAIN karena pemakaian, masalah pada kaca mobil juga dapat timbul karena mekanisme perawatan mobil yang keliru. Satu masalah pada kaca mobil ternyata dapat dipicu oleh penggunaan obat antijamur.

Kepala Teknisi Bambang Kaca di jalan Dr Sutomo 53 Yogyakarta, Kuncoro Hastono mengatakan, penggunaan bahan kimia pada perawatan kaca mobil sebenarnya kurang disarankan. Sebabnya, bahan tersebut tidak sedikit yang bisa membuat perubahan tidak diinginkan pada kaca.

"Kaca yang mudah tergores wiper, hingga kaca bergelombang bisa disebabkan penggunaan bahan kimia tersebut. Hal ini disebabkan bahan kimia tersebut masuk meresap ke kaca," jelasnya, Jumat (26/9).

Karena itu, kepada kliennya, Kuncoro senantiasa menyarankan perawatan kaca mobil tanpa bahan kimia. Menggunakan air saja sebenarnya sudah cukup.

"Perawatan yang benar, jangan biarkan air terlalu lama ada di kaca mobil. Misalnya setelah kehujanan, segera mungkin kaca dilap hingga kering. Kalau basah sudah pasti akan berjamur," katanya.

Satu lagi yang harus diperhatikan menurut Kuncoro adalah kondisi wiper mobil. Kondisi wiper yang rusak juga bisa memicu goresan pada kaca mobil.

"Karena itu, kalau mencuci mobil jangan lupakan wiper-nya. Dibersihkan pake sabun saja sudah cukup," katanya. (toa)

Tags
kaca mobil
Penulis: toa
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved