Pemilu 2014

Sultan : Kalau Prabowo Mau Ketemu Saya, Silahkan

Sultan tetap memposisikan dirinya netral dalam pertarungan menuju Pilpres 9 Juli 2014.

Sultan : Kalau Prabowo Mau Ketemu Saya, Silahkan
KOMPAS.com/Indra Akuntono
Joko Widodo dan Jusuf Kalla saat menemui Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta, Senin (2/6/2014). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ekasanti Anugraheni

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA -- Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan, pertemuannya dengan Jokowi dan Jusuf Kalla, Senin (2/6/2014) bukanlah bentuk dukungan bagi pasangan Capres-Cawapres itu. Sultan tetap memposisikan dirinya netral dalam pertarungan menuju Pilpres 9 Juli 2014.

"Oiya, saya tetap netral," tutur Sultan usai mengantarkan rombongan Jokowi - JK menuju pintu keluar Keraton Kilen, Senin (2/6/2014).

Sultan mengaku menerima surat dari tim Jokowi sekitar dua minggu lalu. Namun, ia menampik pertemuan itu sebagai bentuk dukungan. Ia pun membuka pintu jika pasangan Prabowo - Hatta Rajasa juga berkenan mengunjunginya.
"Kalau Prabowo mau ketemu saya, masa saya tolak. Wong capres kok," ujar Ngarso Dalem. Namun, hingga saat ini belum ada permintaan dari kubu Prabowo untuk menemui Gubernur DIY itu.

Ketika ditanya bagaimana penilaian HB X terhadap kedua calon, ia enggan menjawabnya. "Saya tidak bisa menilai kedua profil capres, visi misi ataupun track recordnya. Saya tidak bisa menilai apalagi menjelekkan sesama anak bangsa yang akan menjadi pemimpin saya," ujarnya.

"Pilihan saya, penilaian saya ya nanti di TPS," ucap ayah lima putri tersebut.

Sebelumnya, HB X sempat dilirik kubu Prabowo sebagai juru kampanye. Namun, Sultan menegaskan dirinya tidak akan terlibat dalam kegiatan partai politik, apalagi jadi jurkam. "Saya tidak boleh berpartai, itu amanat UU Keistimewaan," kata HB X beberapa waktu lalu. (esa)

Penulis: esa
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved