Pemilu 2014

Hari Ini, KPU Tetapkan Capres-Cawapres

Hari ini, Sabtu (31/5/2014), Komisi Pemilihan Umum akan menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden

Hari Ini, KPU Tetapkan Capres-Cawapres
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA dan WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (kiri) saat deklarasi di Gedong Joang, Jakarta, dan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa saat deklarasi di Rumah Polonia, Jakarta, Senin (18/5/2014). 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Hari ini, Sabtu (31/5/2014), Komisi Pemilihan Umum akan menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan menjadi peserta Pemilu Presiden 2014.

Sampai hari ini, hanya ada dua bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden yang sudah mendeklarasikan diri dengan dukungan dari koalisi masing-masing. Mereka adalah Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Jokowi-JK merupakan pasangan yang diusung oleh poros Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan bersama Partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Adapun Prabowo-Hatta, diusung oleh poros Partai Gerakan Indonesia Raya, bersama Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Bulan Bintang, dan Partai Golkar.

Sebelummya, kedua pasangan telah melewati beberapa tahap terkait pendaftaran bakal calon pasangan presiden dan wakil presiden ini. Kedua pasangan mendeklarasikan diri pada hari yang sama, Senin (19/5/2014).

Pasangan Jokowi-JK kemudian langsung mendaftarkan diri ke KPU pada hari deklarasi. Adapun pasangan Prabowo-Hatta baru keesokan harinya, Selasa (20/5/2014).

Kedua pasangan juga telah mengikuti pemeriksaan kesehatan lengkap di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, pada Kamis (22/5/2014) dan Jumat (23/5/2014).

Setelah penetapan pasangan calon, KPU akan mengumumkan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Minggu (1/6/2014)

Editor: tea
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved