Breaking News:

Ayo Berlibur !

Biaya Wisata ke Raja Ampat Sama Dengan ke Daratan Cina

Plaza Ambarrukmo Yogyakarta menggelar Pameran Obyek Wisata Nusantara dan Pagelaran Seni Budaya

Biaya Wisata ke Raja Ampat Sama Dengan ke Daratan Cina
Foto : Internet
Tembok besar China
Laporan Reporter Tribun Jogja, Ekasanti Anugraheni

TRIBUN JOGJA.COM, YOGYA  - Plaza Ambarrukmo Yogyakarta menggelar Pameran Obyek Wisata Nusantara dan Pagelaran Seni Budaya dalam rangka menyambut momen liburan sekolah mulai tanggal 14 - 17 Juni 2012 di Main Atrium (Ground Floor).

Event yang diikuti oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dari berbagai daerah di Indonesia, pengelola objek wisata, serta UKM di seluruh nusantara ini memamerkan obyek wisata serta kekayaan budaya daerah masing-masing. Beberapa daerah yang tergabung dalam event ini diantaranya yaitu Garut, Jawa timur, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Bulukumba, Kalimantan Selatan, Karawang, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, tangkahan, Banggai, Bogor, Maluku,  Bintan, Nganjuk, Banyumas, Kutai Timur, Malang, Bengkalis, Cirebon serta Singkawang.

Event yang digelar selama empat hari berturut-turut ini mampu menunjukkkan kepada masyarakat betapa Indonesia memiliki begitu banyak wisata alam dan budaya yang begitu indah. Kebanyakan justru tidak begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia sendiri lantaran mereka lebih tergiur untuk menikmati perjalanan ke dataran Eropa dan negara lainnya. Padahal, tanpa perlu jauh-jauh ke luar negeri, kita bisa menikmati keindahan pariwisata dalam negeri yang menakjubkan.

“Bromo, Pulau Sempu dan Kawah Ijen kini tengah menjadi unggulan wisata di Jawa Timur,” tutur Sofianan Siska, Staff Bidang Pemasaran Majapahit Travel Fair, Jumat (15/6/2012).

Inbound Tour Operator Nusantara Tour and Travel, Arie Nugroho menjelaskan bahwa kecenderungan masyarakat memilih pariwisata di luar negeri bisa jadi karena biaya yang dibutuhkan untuk menjelajah alam nusantara bukannya tidak sedikit. Terlebih dengan masih minimnya fasilitas di beberapa wilayah, sehingga wisata di tempat tersebut dibandrol dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan wisata ke luar  negeri.

“Katakanlah biaya ke Raja Ampat Papua setara dengan berkeliling daratan China,” tutur Arie Nugroho kepada Tribun Jogja, Jumat (15/6/2012).

Namun, bukan berarti wisata nusantara itu tidak menarik. Dalam beberapa waktu terakhir, pihak stakeholder mulai mengembangkan fasilitas dan akomodasi di wilayahnya masing-masing untuk mengekspose potensi pariwisatanya yang begitu besar. Salah satu contohnya di Kepulauan Derawan Kaltim.

Seperti yang dikemukakan oleh Kepala Bidang Promosi dan Pariwisata Kalimantan Timur, Aidil Fauzi bahwa pemerintah Kaltim tengah mempersiapkan bandara internasional di Kepulauan Derawan, Kaltim untuk mempermudah akses wisatawan yang ingin berkunjung ke kepulauan yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya kurang lebih setara dengan Raja Ampat di Papua dan Wakatobi.

“Bandara Kalimarau ini memungkinkan pesawat besar semisal Boeing untuk mendarat,” tukas Aidil Fauzi. (*)

Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved