Pemilu 2019

Sambut Pemilu, WBP Lapas Perempuan Membuat Miniatur Tugu Yogya

Antusiasme WBP yang tinggi, membuat seluruh warga binaan juga ingin berpartisipasi langsung dengan membuat miniatur Tugu Yogyakarta.

Sambut Pemilu, WBP Lapas Perempuan Membuat Miniatur Tugu Yogya
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma Wardhani
Suasana TPS 19 yang berada di Lapas Perempuan Kelas IIA Yogyakarta yang dihiasi miniatur Tugu Yogyakarta buatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (17/4/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pesta demokrasi hari ini memang dirayakan oleh seluruh Warga Negara Indonesia, tak terkecuali Warga Binaan Lapas Perempuan Yogyakarta

Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Yogyakarta, Retno Yunihardiningsih mengatakan ada sekitar 87 WBP lapas perempuan yang menyalurkan hak pilihnya.

Dari total 87 WBP, sebanyak 86 WBP terdaftar dalam DPTb, semntara 1 orang merupakan DPT.

5 Tempat Wisata Alam di Kulonprogo, Mulai dari Kalibiru Hingga Kebun Teh Nglinggo

"Memang hampir semua WBP di sini berasal dari luar Kota Yogyakarta, sehingga memang banyak yang masuk DPTb. Ada juga WNA, ada 6 orang, dari Fiipina, Vietnam. India, termasuk Mary Jane juga," katanya saat ditemui wartawan di lapas Perempuan Kelas IIA Yogyakarta, Rabu (17/4/2019).

Namun sayangnya tidak semua WBP bisa menyalurkan suaranya, ada sekitar 33 WBP yang NIK-nya tidak terdaftar.

Dari pantauan Tribunjogja.com, antusiasme WBP yang tinggi, membuat seluruh warga binaan juga ingin berpartisipasi langsung.

Bupati Gunungkidul Gunakan Hak Pilihnya di TPS 6 Purbosari

Hal itu dibuktikan dengan kompaknya WBP dalam membuat miniatur Tugu Yogyakarta.

"Alhamdulilah semua berjalan lancar, tidak ada kekurangan suart suara. Antusiasme WBP juga tinggi, sehingga  semua bersemangat. Bahkan WBP juga membuat miniatur Tugu Yogyakarta, bersama-sama dengan petugas," lanjutnya.

"Kami juga pengen menampilkan kearifan  Yogyakarta. Selain Tugu, petugas KPPS juga mengenakan pakaian adat. Meskipun dengan tempat terbatas, namun kreativitas WBP ini tak terbatas," tutupnya. (*) 

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved