Kota Yogya

Harga Bawang di Kota Yogyakarta Masih Tinggi, Tembus Rp50 Ribu/Kg

Harga bawang putih di Kota Yogyakarta masih berada di kisaran Rp 50ribu per kilogram pada minggu ini.

Harga Bawang di  Kota Yogyakarta Masih Tinggi, Tembus Rp50 Ribu/Kg
wagwalking.com
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Harga bawang putih di Kota Yogyakarta masih berada di kisaran Rp 50ribu per kilogram pada minggu ini.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta yang dihimpun Tribun Jogja, harga Bawang Putih di Pasar Kotagede mencapai Rp 50ribu per kilogram, di Pasar Lempuyangan Rp 48ribu per kilogram, dan di Pasar Serangan Rp 47ribu per kilogram.

"Kalau untuk harga bawang merah di 3 pasar itu per 11 April 2019 sama yakni Rp 40ribu per kilogram. Normalnya bawang merah Rp 30ribu per kilogram sementara harga bawang putih Rp 40ribu per kilogram," ungkap Kasie Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Disperindag Kota Yogyakarta, Adhy Pradana, Jumat (12/4/2019).

Baca: Harga Bawang Diperkirakan Akan Terus Meningkat Hingga Lebaran

Baca: Harga Bawang Putih di Yogyakarta Capai Rp 46-47 Ribu

Ia menjelaskan kenaikan harga tersebut terjadi sejak Senin (8/4/2019). Kenaikan harga bawang putih dan bawang merah tersebut disebabkan oleh pasokan yang kurang sementara permintaan tetap tinggi.

"Selama ini pasokan bawang kami impor. Saat ini belum ada intervensi harga dari kami. Namun bila nanti kondisi ini berkelanjutan, maka kami akan koordinasi dengan provinsi," bebernya.

Sementara itu, Adhy menyebut untuk komoditas lain relatif stabil dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Misalkan daging ayam naik Rp 2-3ribu per kilogram, telur naik Rp 1ribu per kilogram, dan cabe rawit turun Rp 2-4ribu per kilogram.(tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved