Advertorial

DPRD DIY Berikan Apresiasi Program Germas oleh Dinkes DIY

Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) jadi salah satu program yang mengarah pada ajakan untuk hidup sehat baik di lingkup di keluarga maupun di masyarakat

DPRD DIY Berikan Apresiasi Program Germas oleh Dinkes DIY
istimewa
Acara sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY di Desa Triharjo, Pandak, Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Ajakan untuk terus membiasakan pola hidup sehat terus digalakkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY.

Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) jadi salah satu program yang mengarah pada ajakan untuk hidup sehat baik di lingkup di keluarga maupun di masyarakat.

Belum lama ini Dinkes DIY kembali melakukan sosialisasi gerakan Germas di Desa Triharjo, Pandak, Bantul. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan kepada keluarga di sana dan masyarakat setempat tentang cara dan manfaat positif menerapkan pola hidup sehat melalui Germas.

Yulia Irene HW selaku Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan Dinkes DIY mengatakan, secara umum, program Germas dilaksanakan secara merata di empat kabupaten dan satu kota di DIY.

Tujuannya sama, yaitu mengajak keluarga dan masyarakat menerapkan pola hidup sehat.

Baca: Melalui Germas, Dinkes DIY Ajak Masyarakat Gemar Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Pola hidup sehat ini misalnya melakukan aktifitas fisik, konsumsi buah dan sayur, tidak merokok dan tidak minum alkohol, pemeriksaan kesehatan berkala dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Jika kegiatan ini dilakukan secara rutin, maka pola hidup sehat di keluarga maupun masyarakat akan lebih mudah dicapai,” kata Yulia.

Wakil Ketua DPRD DIY, Arif Noor Hartanto yang juga ikut hadir saat sosialisasi sangat mendukung dan memberikan apresiasi terhadap gerakan Germas sebagai program dengan cakupan sampai tingkat nasional.

Namun ia berharap, kegiatan Germas ini tidak hanya sebatas sosialisasi demi sosialisasi saja.

"Pemda DIY harus mampu bisa mengukur dan menakar capaian setelah program ini dilakukan. Atau ketika program berakhir. Atau setidaknya secara berkala. Ini penting, untuk melihat sejauh mana keberhasilan gerakan Germas dalam mewujudkan masyarakat berkualitas dengan pola hidup sehat," kata Arif.

Baca: Dinkes DIY Gelar Sosialisasi Germas di Panjangrejo, Ajak Warga Tanam Sayur dan Buah di Pekarangan

Halaman
12
Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved