Bantul

Wakil Bupati Bantul : Lokasi Rawan Banjir dan Longsor Perlu Relokasi

Pemkab Bantul akan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk mencari lahan yang memungkinkan untuk relokasi.

Wakil Bupati Bantul : Lokasi Rawan Banjir dan Longsor Perlu Relokasi
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Material longsor berupa bebatuan menutup jalan dan mengenai rumah warga di Dusun Sompok, Sriharjo, Imogiri, Senin (18/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memandang perlu dilakukan relokasi melihat kejadian longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Bantul.

Terlebih di daerah Sompok, Sriharjo, Imogiri yang ia pandang lokasinya sangat rawan untuk tetap ditinggali.

Ada sekitar tujuh kepala keluarga (KK) di Dusun Sompok yang terdampak longsor dan banjir akibat hujan tanpa henti pada Minggu (17/3/2019) kemarin.

"Dengan kondisi ini akan kami cari beberapa alternatif solusi. Menurut saya, perlu ada relokasi karena faktanya kondisi seperti ini tidak memungkinkan untuk dipertahankan," kata Halim saat ditemui Tribunjogja.com waktu meninjau lokasi longsor di Dusun Sompok, Senin (18/3/2019) siang.

Menurutnya, kondisi permukiman di tebing ini tetap berisiko jika dibangun kembali.

Meski telah bertahun-tahun menjadi permukiman, melihat kondisi yang ada, Halim berpendapat relokasi menjadi alternatif solusi yang dapat dilakukan.

"Kalau seperti ini gimana, kalau mau dibangun infrastruktur tetap saja rawan. Meskipun sudah bertahun-tahun, mungkin ratusan tahun sudah di sini tapi kenyataannya kerusakan semakin nyata. Daya tahan permukiman ini terhadap banjir dan longsor tidak mungkin dipertahankan," katanya.

Katanya, pemkab akan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk mencari lahan yang memungkinkan untuk relokasi.

Sementara, ia mengimbau agar masyarakat di daerah rawan untuk mengungsi di balai desa atau di tempat pengungsian yang tersedia di masing-masing desa.

"Masyarakat yang ada di titik rawan hendaklah mengungsi. Masing-masing desa sudah memahami kejadian demi kejadian yang sering terjadi," katanya.

Baca: Akses Jalan Terputus, 150 KK di Dusun Wunut Terisolasi

Halaman
12
Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved