Kesehatan

Lewat Program Zero Tuberculosis, UGM Ingin Turunkan Angka TB di Kota Yogya dan Kulon Progo

Lewat Program Zero Tuberculosis, UGM Ingin Turunkan Angka TB di Kota Yogya dan Kulon Progo

Lewat Program Zero Tuberculosis, UGM Ingin Turunkan Angka TB di Kota Yogya dan Kulon Progo
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Pusat Kedokteran Tropis FK- KMK UGM menyelenggarakan Soft Launching Zero Tuberculosis, Selasa (12/3/2019).

Melalui kegiatan ini, pihak UGM akan bekerjasama dengan pemerintah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo untuk terjun aktif di masyarakat dalam screening TB.

Ketua Panitia Zero Tuberculosis Rina triasih mengatakan upaya pengendalian TB melalui Zero Tuberculosis Yogyakarta yang akan dilakukan di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo sangat diperlukan.

Zero TB berlandaskan pada tiga komponen penting yaitu penemuan kasus, pengobatan yang efektif, dan pencegahan. Melalui upaya yang komprehensif tersebut diharapkan upaya pengendalian TB memberikan dampak positif bagi status kesehatan masyarakat.

Baca: Dinkes Sleman Menargetkan Temuan 1.800 Kasus TBC

Baca: Kombinasi Kuning Telur dan Jus Wortel Ampuh Mencegah Ejakulasi Dini

"Ini penyakit lama, obat sudah lama ditemukan tapi masalah ini masih besar di dunia. Berbagai upaya diakukan baik dari pemerintah, LSM dan akademisi untuk menurungkan angka kejadian TB. Tapi sampai sekarang juga belum menurun," paparnya.

Ia mengatakan para ahli menganalisa, masih banyaknya penderita TB salah satu penyebabnya karena kegiatan untuk menurunkan angkat TB belum dilakukan secara intensif.

Maka dari itu, pihaknya kini bekerja sama dengan pemerintah kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo untuk aktif melakukan screening di masyarakat. Melalui program ini, dalam lima tahun ke depan angka TB ditargetkan menurun hingga 60%.(tribunjogja)

Penulis: nto
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved