Magelang

Dubes Amerika: Jutaan Jiwa jadi Korban Tuberculosis, Ancaman Serius yang Harus Diberantas

Dubes Amerika: Jutaan Jiwa jadi Korban Tuberculosis, Ancaman Serius yang Harus Diberantas

Dubes Amerika: Jutaan Jiwa jadi Korban Tuberculosis, Ancaman Serius yang Harus Diberantas
Tribun Jogja/ Rendika Ferri Kurniawan
Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan, berfoto bersama dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam acara peringatan hari TBC sedunia dan peringatan 70 tahun kemitraan Amerika Serikat dan Indonesia, di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Minggu (10/3/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM - Penyakit Tuberkulosis (TBC) masih menjadi ancaman serius terhadap ketahanan dan kesehatan global yang mesti diperangi. Hal ini melihat banyaknya korban yang berjatuhan akibat penyakit mematikan ini.

Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) sendiri memperkirakan di tahun 2018, 10 juta jiwa terjangkit TBC, yang menyebabkan kematian 1,3 juta jiwa di dunia, dan 100 ribu jiwa di Indonesia. Angka ini dinilai masih cukup tinggi.

"Banyaknya korban yang terjangkit TBC, juga mereka yang meninggal yang juga sebagian merupakan warga Indonesia, membuat TBC menjadi ancaman serius yang mesti diperangi," ujar Duta Besar Amerika Serikat, Joseph R Donovan, dalam peringatan Hari Tuberkulosis se-dunia Tahun 2019 dan peringatan 70 tahun kemitraan Amerika Serikat dan Indonesia di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Minggu (10/3/2019).

Baca: Menteri Kesehatan Tunisia Mundur setelah Kematian 11 Bayi Baru Lahir

Baca: Kisah Kasih Sayang Seorang Ibu Rawat Anaknya yang Berjalan Merangkak Pakai Tangan

Joseph mengatakan, masalah TBC ini membutuhkan upaya global, untuk memberantas penyakit yang telah menimbulkan banyak korban tersebut. Upaya ini pun direspon para pemimpin dunia untuk mereka bersepakat meningkatkan tanggapan terhadap TBC.

"Pemberantasan TBC ini membutuhkan upaya global. Para pemimpin dunia telah mengadakan pertemuan, dan mereka bersepakat meningkatkan tanggapan terhadpa TBC dari sisi pembiayaan dan penelitian untuk TBC. Diharapkan dengan upaya ini mampu menekan penyakit TBC ini," ujarnya. (tribunjogja)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved