Yogyakarta

PT KAI Siap Sesuaikan Jadwal Kereta Api dengan Penerbangan di NYIA Kulon Progo

Jika penerbangan di NYIA sudah fix semua, maka PT KAI juga siap apabila harus mengatur ulang jadwal KA agar sesuai dengan jadwal penerbangan.

PT KAI Siap Sesuaikan Jadwal Kereta Api dengan Penerbangan di NYIA Kulon Progo
Dok Pri
Eko Budiyanto, Manager Humas PT KAI Daop 6

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk mendukung penerbangan di New Yogyakarta International Airport (NYIA), PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengaku siap menyesuaikan ulang jadwal Kereta Api (KA).

Eko Budiyanto, Manager Humas PT KAI Daop 6 menerangkan jika penerbangan di NYIA sudah fix semua, maka PT KAI juga siap apabila harus mengatur ulang jadwal KA agar sesuai dengan jadwal penerbangan.

Dia menerangkan jika jam KA nanti bisa diubah, atau bahkan ketika diperlukan, KA juga bisa dilakukan penambahan.

"Kalau sudah fix, semuanya bisa diatur. PT KAI (Persero) sudah siap. Armada untuk mendukung penerbangan di NYIA juga sudah siap. Nanti armada bisa ditambah juga, kita melihat situasi dan kondisi, jamnya juga bisa diubah sesuai dengan jam penerbangan," katanya pada Tribunjogja.com, Selasa (22/1/2019).

Baca: Lebarkan Sayap, Naavagreen Akan Buka Cabang Baru di Bintaro dan Jambi

Dia menerangkan jika nantinya KA dengan jalur panjang juga bisa terkoneksi dengan NYIA.

Seperti halnya kereta dari Surabaya menuju Jakarta, nanti bisa diatur ulang menyesuaikan jadwal penerbangan jika diperlukan.

"Kereta dengan jalur panjang nantinya bisa terkoneksi dengan NYIA, semisal dari Madiun mau naik pesawat di NYIA, bisa menggunakan KA yang melewati NYIA. Nanti bisa diatur kalau penerbangan sudah mulai berfungsi," ungkapnya.

Untuk sementara sebelum jalur kereta api selesai dibuat, maka untuk sementara bagi penumpang yang ingin ke NYIA bisa menggunakan KA yang turun di Stasiun Wojo yang berlokasi di Dadirejo, Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah.

Baca: Skenario Akses Transportasi dari Yogya ke Bandara NYIA Kulonprogo, Ada Kereta Api dan Bus Damri

Setelah dari Wojo para penumpang bisa menggunakan shuttle bus atau angkutan darat lainnya menuju NYIA, dimana jarak antara Stasiun Wojo dengan NYIA hanya 5-6 km atau bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 30 menit.

"Sementara ke Wojo dulu sebagai tempat transit, menungggu April nanti. Semuanya bisa diatur. Jarak dari Wojo kira-kira 5-6 km, tidak terlalu jauh jika ingin ditempuh dengan jalur darat yang lain. Ini kan untuk menunggu proses pembanguan rel KA menuju bandara selesai dilakukan Jadi sementara seperti itu," terangnya.

Sementara itu, untuk jalur KA menuju NYIA, Eko mengatakan hal tersebut merupakan kewenangan Dirjen Perkeretaapian.

Oleh karenanya pihaknya belum bisa berkomentar banyak mengenai perkembangan jalur tersebut.

"Jalur KA ke NYIA tahapan masih proses AMDAL, itu kewenangan Pusat, Dirjen Perkeretaapian. Jalur KA bukan kewenangan PT Kereta Api, jadi saya tidak berani berkomentar. Kalau armadanya dari PT KAI Persero. Namun mengenai Armada kami selalu siap," ungkapnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved