Yogyakarta

Sri Sultan HB X Tinjau Proyek Bandara NYIA Kulon Progo

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meninjau secara langsung proyek pembangunan bandara baru yakni New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Sri Sultan HB X Tinjau Proyek Bandara NYIA Kulon Progo
Tribun Jogja / Wahyu Setiawan
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X saat meninjau kesiapan fasilitas pendukung kereta bandara di Stasiun Tugu Yogyakarta, sebelum melanjutkan tinjauan ke proyek Bandara baru di Kulon Progo, Selasa (8/1/2019) siang. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meninjau secara langsung proyek pembangunan bandara baru yakni New Yogyakarta International Airport (NYIA) pada Selasa (8/1/2019) siang.

Berangkat dari Stasiun Tugu Kota Yogyakarta, Sri Sultan sebelumnya juga sempat meninjau beberapa fasilitas dan kelengkapan yang ada di stasiun tersebut.

Didampingi oleh Dirjen Perkeretaapian, Sri Sultan sempat berkeliling Stasiun Tugu sekitar 10 menit untuk meninjau persiapan fasilitas proyek penunjang bandara baru satu di antaranya yakni kereta api bandara yang bakal menghubungkan bandara di Kulon Progo, Stasiun Tugu dan Bandara Adisutjipto.

Baca: Mencicipi Nikmatnya Nasi Jagung Khas ala Rumah Makan Kampung Jawa Sleman

Usai berkeliling, rombongan sempat transit sementara waktu di ruang VVIP Stasiun sebelum melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Wojo.

Tinjauan Gubernur DIY tersebut didampingi secara langsung oleh Komisaris Angkasa Pura Ali Mochtar Ngabalin, Dirut Angkasapura 1 Faik Fahmi, Dirlantas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Zulmifandi, Manager Proyek Bandara Taochid Purnama, General Manager Adi Soetjipto A Pandu Purnama, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi serta tokoh nasional Mahfud MD.

Rombongan berangkat menuju stasiun Wojo sekira pukul 10.20 WIB menggunakan kereta inspeksi 2.

Baca: Gubernur Lantik 45 Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprov DIY

"Saya akan pantau perkembangan dan progresnya," kata Sri Sultan HB X saat ditemui Tribunjogja.com di Kepatihan, Senin (7/1/2019) lalu.

Baca: Ki Gede Sala, Pendiri Kota Solo yang Makamnya Selalu Ramai Dikunjungi Peziarah

Sementara itu, diinformasikan sehari sebelumnya, Sekda DIY, Gatot Saptadi menjelaskan, Gubernur DIY dalam perjalanan menuju Stasiun Wojo tersebut akan mendapatkan penjelasan mengenai kereta bandara dari PT KAI.

Begitu sampai stasiun Wojo, rombongan Sultan HB X akan menuju lokasi pembangunan bandara dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Baca: Pemkab Kulon Progo Minta Seluruh Pegawainya Sukseskan NYIA

Di sana, kata dia, ada beberapa tim pembangunan yang akan memberikan penjelasan mengenai progres pembangunan seperti dari PP dan Angkasa Pura 1.

"Ini untuk meninjau kesiapan bandara baru meyakinkan untuk bisa beroperasi pada bulan April mendatang. Presiden Jokowi juga direncanakan akan datang untuk memantau perkembangan dan kesiapan bandara baru ini," urai Gatot.

Beberapa bangunan yang akan ditinjau diantaranya adalah bangunan terminal serta penempatan VVIP room. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved