Bisnis

Mega Hub JNE Targetkan Tangani Satu Juta Paket Per Hari

Sejak berkembangnya bisnis ecommerce pada tahun 2010 di Indonesia, pertumbuhan juga dirasakan oleh bisnis kurir ekspres yakni JNE

Mega Hub JNE Targetkan Tangani Satu Juta Paket Per Hari
istimewa
Logo JNE 

TRIBUNJOGJA.COM - Sejak berkembangnya bisnis ecommerce pada tahun 2010 di Indonesia, pertumbuhan juga dirasakan oleh bisnis kurir ekspres yakni JNE.

Pertumbuhannya dapat mencapai 30 persen hingga 40persen per tahun. Hingga hari ini, jumlah paket pelanggan yang dikirimkan oleh JNE terus bertambah dari waktu ke waktu.

Bahkan dalam beberapa bulan terakhir, jumlah kiriman yang ditangani mencapai rata-rata 19 juta paket per bulan, bahkan dapat meningkat lebih dari 20 juta paket pada momen Ramadan dan Idul Fitri lalu.

Peningkatan jasa pengiriman juga dirasakan di akhir tahun lalu. Ini diakui oleh JNE. JNE mengklaim kondisi pengiriman menjelang tahun baru 2019 meningkat namun untungnya tidak terdapat kendala yang berarti.

Hal ini menurut JNE berkat upaya pihaknya meningkatkan beberapa sektor penting, seperti SDM, infrastruktur dan jaringan, serta IT seiring dengan peningkatan jumlah pengiriman.

Peningkatan sektor penting tersebut, membuat JNE dapat menjalankan beberapa strategi distribusi agar pengantaran dapat dilakukan dengan lebih lancar.

Baca: Sleman City Hall Suguhkan Funtastic January 2019

Baca: Pembangunan Bandara Baru Yogyakarta, Sultan: Namanya NYIA Saja

M Feriadi Presiden Direktur JNE menjelaskan contoh dari peningkatan yang dilakukan untuk mengembangkan kapasitas pengiriman yang bertambah dari tahun ke tahun yakni tengah dibangunannya Mega Hub di wilayah Tangerang Banten, tepatnya di dekat airport Soekarno-Hatta.

"Infrastruktur baru ini akan mendorong percepatan sorting process paket – paket pelanggan sehingga JNE akan dapat menangani hingga 1 juta paket per hari ke berbagai destinasi," katanya lewat keterangan tertulis, Selasa (8/1/2019).

Tak hanya itu, lanjut Feriadi, pihaknya juga mengembangkan dan meningkatkan produk JTR untuk kebutuhan full truck dan moving serta menyediakan solusi warehouse/fulfillment.

Pembangunan proyek Mega Hub tersebut dibangun di atas tanah seluas 39.000 meter persegi, bangunan itu akan memiliki kapabilitas untuk menangani sekitar 30 juta paket per bulan atau kurang lebih satu juta paket per hari atau sama dengan 48 ribu paket per jam.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved