Pendidikan

SMKN 2 Yogyakarta Luncurkan Program dan Produk Technopark 'Demo Day Sangaji Technopark'

Demo Day ini sekaligus meluncurkan produk karya siswa dan startup yang telah mengikuti program inkubasi selama tiga bulan.

SMKN 2 Yogyakarta Luncurkan Program dan Produk Technopark 'Demo Day Sangaji Technopark'
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
SMKN 2 Yogyakarta meluncurkan program dan produk Technopark bertajuk 'Demo Day Sangaji Technopark' pada Kamis (6/12/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Untuk memfasilitasi para siswa agar kreatif dalam mengembangkan diri, SMKN 2 Yogyakarta meluncurkan program dan produk Technopark bertajuk 'Demo Day Sangaji Technopark' pada Kamis (6/12/2018).

Demo Day ini sekaligus meluncurkan produk karya siswa dan startup yang telah mengikuti program inkubasi selama tiga bulan.

Direktur Sangaji Technopark, Untung Suprapto menyampaikan, Sangaji Technopark SMKN 2 Yogyakarta merupakan implementasi pencanangan program Pendidikan Menengah Universal (PMU).

Baca: Tingkatkan Daya Saing, SMKN 2 Yogyakarta Gelar Uji Kompetensi Keahlian dan Sertifikasi Konstruksi

Ia melanjutkan, hal tersebut guna mencapai Angka Partisipasi Kasar(APK) pendidikan menengah sebesar 9 pada tahun 2020 serta untuk menguatkan pendidikan kejuruan.

Beberapa langkah yang ditempuh untuk mempercepat target pencapaian tersebut yakni dengan cara mengelola arus pengetahuan dan teknologi di sekolah dan industri.

"Serta menghasilkan produk inovasi dan melahirkan Startup," kata Untung.
        
Untung menambahkan, technopark sebagai jembatan antara institusi pendidikan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan dunia Industri.

Hal ini dilakukan sebagai upaya sekolah dalam menghadapi era digitalisasi revolusi industri 4.0 saat ini yakni dengan pengembangan startup dan belajar berwirausaha melalui TIK.       

Baca: 111 Siswa SMKN 2 Yogyakarta Ikuti Uji Kompetensi Keahlian dan Sertifikasi Kompetensi

"Startup yang akan dikembangkan ada 15, tapi yang kita tayangkan hari ini ada 7. Kita tampilkan produk media pembelajaran untuk anak PAUD, TK, ABK yang bentuknya augmented reality, jadi siswa berinteraksi dengan lihat wujudnya langsung," ujarnya.

Sangaji Technopark ini diharapkan mampu merealisasikan program dan produk-produk serta jasanya, sehingga bermanfaat untuk masyarakat.

"Harapan kami bisa dikenal masyarakat dan bermanfaat, sehingga muncul perusahaan rintisan baru dari Sangaji Technopark SMKN 2 Yogyakarta," terangnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved