Kulon Progo

Gandeng Bapel Jamkesos, Dinsos Kulon Progo Maksimalkan Layanan Kesehatan Penyandang DIsabilitas

Gandeng Bapel Jamkesos, Dinsos Kulon Progo Maksimalkan Layanan Kesehatan Penyandang DIsabilitas

Gandeng Bapel Jamkesos, Dinsos  Kulon Progo Maksimalkan Layanan Kesehatan Penyandang DIsabilitas
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM - Akses terhadap pelayanan kesehatan adalah hak semua orang, tak terkecuali bagi para penyandang disabilitas.

Adanya program jaminan kesehatan khusus (jamkesus) diharapkan bisa mencakupnya secara optimal.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulon Progo, Eka Pranyata mengatakan, permasalahan aksesibilitas terhadap pelayanan kesehatan hingga saat ini memang masih menghantui para penyandang disabilitas.

Di antaranya terbatasnya jumlah fasilitas pelayanan kesehatan, keterbatasan biaya, repotnya rujukan pengobatan, hingga permasalahan transportasi. 

"Jamkesus perlu dilaksanakan supaya penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan kesehatan yang paripurna dan berkelanjutan,"kata Eka di sela pelaksanaan program jamkesus disabilitas terpadu  di Autism Center Desa Banguncipto, Sentolo, Rabu (5/12/2018). 

Baca: Masuk Musim Penghujan, BPBD Gunungkidul Minta Pemdes Cek EWS

Program jamkesus ini dilakukan Dinsos P3A Kulon Progo bekerjasama dengan Balai Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (Bapel Jamkesos) DIY.

Tujuannya antara lain untuk mendekatkan pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas di Kulon Progo.

Baik dari kalangan penyandang disabilitas fisik, intelektual, mental, maupun sensorik mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Program ini sudah beberapa kali digelar dan kali ini dikhususkan untuk para penyandang disabilitas di wilayah Sentolo dan sekitarnya.  

Jumlah penyandang disabilitas di kecamatan Sentolo sebanyak 477 orang terdiri dari dewasa 443 orang dan anak 34 orang. Adapun total jumlah penyandang disabilitas di Kulon Progo per 1 Juni 2018 menurut catatan Dinsos P3A sebanyak 5.621 orang di berbagai kecamatan. (tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved