CPNS 2018

Terganjal Passing Grade, Dari 1.078 Peserta Tes CPNS di Luwu Utara, Hanya 6 Orang yang Lolos

Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil ( CPNS) di Kabupaten Luwu Utara hanya meloloskan enam orang

Terganjal Passing Grade, Dari 1.078 Peserta Tes CPNS di Luwu Utara, Hanya 6 Orang yang Lolos
Tribun Jogja/ Siti Umaiyah
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.com - Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil ( CPNS) di Kabupaten Luwu Utara hanya meloloskan enam orang. Padahal, peserta yang terdaftar mencapai 1.078.

Ke-enam peserta ini lolos setelah nilai tesnya memenuhi ambang batas (passing grade) yang sudah ditetapkan.

Jumlah peserta yang lolos kompetensi dasar masih sangat jauh dari keperluan CPNS di Luwu Utara. Formasi CPNS Luwu Utara berjumlah 89.

Tips Menghadapi Tes SKD CPNS 2018, Mulai dari Berlatih Soal Hingga Cara Berpakaian saat Ujian

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Luwu Utara, Nursalim Ramli mengatakan bahwa passing grade sudah diatur Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 37 tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompotensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Sepanjang tidak ada perubahan kebijakan untuk menurunkan passing grade, maka yang lulus hanya itu saja," kata dia Ramli saat dikonfirmasi Minggu (4/11/2018).

Contoh Soal TKP TIU TWK Download di Sini, Bekal Ujian SKD CPNS 2018 Agar Lolos Passing Grade

Ramli berharap, ada kebijakan lain dari Kemenpan.

Misalnya, merevisi menurunkan passing grade yang tercantum di Permenpan nomor 37/2018 dengan menurunkan passing grade.

"Atau kalau bisa passing grade ini dihilangkan, sehingga kelulusan berdasarkan rangking saja,” kata Ramli.

Tips Mengerjakan Soal SKD CPNS 2018 Agar Lolos Passing Grade

Proses seleksi kompetensi dasar akan berakhir pada 17 November 2018. Setelah itu, kata Nursalim, kemungkinan jajaran BKPSDM akan menggelar pertemuan untuk membahas hasil SKD.

“Kita lihat perkembangannya, sambil menunggu kebijakan apa yang dikeluarkan Kemenpan usai kelarnya SKD pada 17 November mendatang,” tuturnya.

Ramli mengatakan, bisa jadi ada kebijakan lain terkait kondisi ini. Namun, terlebih dahulu, pihaknya akan melihat apa yang menjadi penyebab sedikitnya peserta yang lolos.

"Penyebab semua ini karena passing grade yang terlalu tinggi, mungkin juga faktor soal yang sulit ataukah memang karena SDMnya. Kalau memang ada kebijakan, ya mungkin passing grade ini yang kita harap diturunkan. Untuk itu, mari kita bersabar menunggu,” ujarnya.

Dalam SKD, ada tiga aspek yang diuji, yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dengan passing grade TKP 143, TIU 80, dan TWK 75.

-

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Luwu Utara, dari 1.078 Peserta Tes CPNS Hanya 6 yang Lolos"

Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved