Kulonprogo

Sambut Smart City, Kulonprogo Siapkan Quick Win

Sejumlah jurus quick win (percepatan) tengah disiapkan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo untuk menyongsong program Smart City.

Sambut Smart City, Kulonprogo Siapkan Quick Win
smartcities.ieee.org
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Sejumlah jurus quick win (percepatan) tengah disiapkan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo untuk menyongsong program Smart City. Ini terutama menyangkut sektor layanan publik.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika), Dinas Komunikasi dan Informatika (kominfo) Kulonprogo, Sutarman mengatakan beberapa program quick win yang disiapkan antara lain aplikasi BumilKu, perizinan online, dan sistem online antrean pasien poliklinik.

"Di dalamnya terdapat diskusi intensif dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait perencanaan kegiatan smart city, dan beberapa program quick win yang dipilih,"kata Sutarman.

Baca: Heitage Tour JIBB di Gunungkidul, Melihat Lebih Dekat Kampung Batik Manding Siber Kreasi

Aplikasi Bumilku ditujukan untuk menjadi fasilitas pemantauan kondisi ibu hamil di Kulonprogo secara terintegrasi atas semua fasilitas kesehatan.

Melalui aplikasi itu, setiap ibu hamil akan terdata dalam database secara detail. Termasuk diketahui masa HPL (Hari Perkiraan Lahir) hingga koordinat rumahnya.

Bidang juga bisa melakukan monitoring secara elektronik untuk mengetahui rekam medisnya, tekanan darah, dan faktor risiko. Harapannya, angka kematian ibu, anak, dan balita bisa menurun.

Baca: Bayi Mungil nan Cantik yang Dibuang Ibunya dari Lantai 3 Mall di Magelang Itu Selamat

"Saat ini sistem sudah terinstal dan dalam proses pelengkapan database,"jelas Sutarman.

Pemkab juga tengah mengembangkan sistem aplikasi online untuk antrian pasien poliklinik di rumah sakit untuk memudahkan proses cek in layanan medis.

Pasalnya, sampai saat ini, antrean dinilai masih terlalu panjang karena masyarakat perlu verifikasi jaminan sosial terlebih dulu. Di samping itu, dikembangkan pula sejumlah aplikasi perizinan secar online seperti pengajuan IMB, reklame, hingga penelitian. (tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved