Yogyakarta

Pendaftaran Calon DPD RI Masih Dibuka Sampai 11 Juli 

Sejumlah calon anggota DPD RI dari Dapil DIY, mulai berdatangan ke Kantor KPU DIY, untuk menyerahkan berkas pendaftaran.

Pendaftaran Calon DPD RI Masih Dibuka Sampai 11 Juli 
tribunjogja/noristera pawestri
Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan 

TRIBUNJOGJA.COM - Sejumlah calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) DIY, mulai berdatangan ke Kantor KPU DIY, untuk menyerahkan berkas pendaftaran, sebagai syarat mengikuti kontestasi tersebut.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan bahwa pada Selasa (10/7/2018), terdapat beberapa nama yang telah menyerahkan berkasnya.

Mereka yakni, Afnan Hadikusumo, Hilmy Muhammad, Cholid Mahmud, GKR Hemas, hingga Hafidz Asrom.

Baca: Muhammadiyah dan NU Resmi Daftarkan Calon untuk DPD RI Dapil DIY

"Sebelumnya, calon DPD RI lainnya, Bambang Soepijanto, sudah menyerahkan berkasnya kemarin Senin (9/7/2018)," katanya pada Tribunjogja.com.

Untuk selanjutnya, tambah Hamdan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhdapa berkas persyaratan, khususunya tiga dokumen wajib, yang diajukan oleh masing-masing calon.

Ketiga dokumen itu, meliputi formulir model B1, BB1, kemudian BA.

"Kita lihat dokumen wajibnya dulu, kalau ketiganya sudah ada, maka bisa kita terima. Tapi, kalau misal ada kekurangan beberapa lampiran saja, masih kita beri kesempatan untuk perbaikan, pada 21-24 Juli mendatang," ucapnya.

Baca: Periksa Rekam Jejak, Timsel Akan Pantau Media Sosial Calon Komisioner KPU di Gunungkidul

Ia menjelaskan, sesuai peraturan yang telah ditetapkan KPU, untuk calon DPD RI, masih dibuka pendaftaran hingga Rabu (11/7/2018), pukul 24.00 WIB, untuk bakal calon yang telah dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dukungan verifikasi faktual. 

"Tahapannya memang dukungan dulu, memenuhi syarat, atau tidak, lalu diserahkan hari ini, sampai besok," jelasnya.

"Hari ini kita buka pendaftaran sampai pukul 16.00 WIB. Tapi, untuk hari terakhir besok, pendaftaran dibuka sampai pukul 24.00 WIB. Di luar jam tersebut, kami tidak bisa menerima," pungkas Hamdan. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help