Kedai Tarto Kopi

Di Kedai Kopi Ini, Secangkir Kopi Bisa Dibayar Pakai Sampah Botol Plastik

Di Kedai Kopi Ini, Secangkir Kopi Bisa Dibayar Pakai Sampah Botol Plastik

Di Kedai Kopi Ini, Secangkir Kopi Bisa Dibayar Pakai Sampah Botol Plastik
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Founder sekaligus sutradara Komunitas Sakatoya, B.M. Anggana atau biasa dikenal Eng, (baju hitam pakai topi) menerima penukaran sampah plastik dengan secangkir kopi di kedai Tarto Kopi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM - Kedai Tarto Kopi memang unik dan menarik. Selain bisa dibayar seikhlasnya, secangkir kopi di tempat ini juga bisa dihargai dengan hanya menukar sampah bekas botol plastik.

Penukaran secangkir kopi dengan sampah bekas botol air mineral di kedai ini bebas ukuran.

"Sampah bekas botol plastik ukuran apa saja kami terima. Silahkan, secangkir kopi bisa ditukar dengan membawa 8 botol sampah plastik," ujar owner Tarto Kopi, B.M. Anggana, Senin (9/7/2018)

Eng, sapaan akrab B.M Anggana, menjelaskan, sampah-sampah plastik yang terkumpul dari hasil penukaran kopi itu nantinya akan digunakan sebagai media pertunjukan bertajuk Octagon Syndrome, yang dihelat pada bulan Agustus mendatang.

Octagon Syndrome merupakan sebuah projek teater yang digagas oleh Komunitas Sakatoya bersama snooge artwork.

"Pertunjukan itu kami membutuhkan kurang lebih 10.000 sampah plastik," terang Eng yang juga merupakan founder sekaligus sutradara dari komunitas Sakatoya.

Baca: Serunya Menikmati Kopi Tarto, Biji Kopi Diuleg dan Bayar Seikhlasnya

Diungkapkan Eng, ide awal projek teater Octagon Syndrome berangkat dari rasa kegelisahan, karena melihat banyaknya sampah plastik dari kebiasaan hidup manusia sehari-hari.

"Setiap hari, saat haus, kita mudah sekali membeli minum air kemasan. Padahal sampah plastik susah sekali diurai," ungkapnya.

Dari kegelisahan itu, ia kemudian bersama komunitas Sakatoya melakukan riset kecil-kecilan dengan mengunjungi beberapa tempat pembuangan sampah (TPS).

Halaman
123
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved