Nasional

Baca Doa Ini Saat Terjadi Gunung Meletus atau Bencana Lainnya

Berikut adalah doa yang dapat dibaca saat terjadi gunung meletus ataupun bencana lainnya.

Baca Doa Ini Saat Terjadi Gunung Meletus atau Bencana Lainnya
IST
Ilustrasi Berdoa 

TRIBUNJOGJA.COM - Gunung Merapi dinyatakan masih dalam status normal, meskipun meletus freatik pada Jumat (11/5/2018) pagi.

Masyarakat dihimbau untuk menghindari radius 5 km dari Merapi, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sejumlah orang yang berada di kawasan Merapi juga mengungsi ke tempat yang lebih aman setelah letusan terjadi.

Namun setelah keadaan dirasa aman, mereka pulang kembali ke rumah masing-masing.

Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk membuat membaca doa-doa yang berisi kebaikan, ketika gunung meletus ataupun bencana lainnya terjadi.

Seperti yang terjadi pagi ini, di mana Merapi meletus freatik.

Seperti TribunJogja.com kutip dari berbagai sumber, berikut adalah doa yang dapat dibaca saat terjadi gunung meletus ataupun bencana lainnya.

1. Memohon Keselamatan

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْغَرَقِ، وَالْحَرَقِ، وَالْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا»

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kehancuran. Aku berlindung kepada Engkau dari jatuh. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tenggelam, terbakar, dan pikun. Aku berlindung kepada Engkau dari meninggal di jalan-Mu dalam keadaan melarikan diri dari (dari medan perang [jihad]). Serta aku berlindung kepada Engkau dari meninggal dalam keadaan tersengat (binatang berbisa).”

2. Memohon Kebaikan Atas Apa Yang Terjadi

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” (*)

Penulis: say
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help