TribunJogja/
Home »

DIY

Pemda DIY akan Hibahkan Lima Kendaraan untuk 'Si Thole'

Setelah kendaraan diserahterimakan, ia berharap, supaya Pemkot Yogyakarta bisa memperbanyak jumlahnya

Pemda DIY akan Hibahkan Lima Kendaraan untuk 'Si Thole'
Tribun Jogja/Theresia Andayani
Shuttle wisata Jeron Beteng "Si Thole" masih berada di taman parkir Ngabean, setelah selesai proses cutting sticker, Rabu (26/11/2014). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY berupaya meningkatkan pelayanan bagi wisatawan, khususnya di kawasan Kraton Yogyakarta, dengan memberi tambahan lima unit shuttle wisata 'Si Thole' kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Raharjo, mengatakan, penambahan armada 'Si Thole' menjadi salah satu upaya untuk mengurai kemacetan di daerah pusat kota tersebut.

Pasalnya, kemacetan di kawasan itu tak terhindarkan, terutama saat masuk masa liburan.

"Bus wisata kan harus parkir di kantong-kantong parkir resmi. Nah, kalau bisa, mereka diantar menggunakan 'Si Thole' itu. Bus jangan turunkan penumpang di titik rawan macet," ucapnya, saat dijumpai di Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, Senin (5/2/2018).

Baca: Ini Harapan Manajemen Si Thole Terkait Rencana Armada Hibah dari Pemda DIY

Sigit menuturkan, kelima kendaraan baru tersebut, rencananya bakal dilimpahkan Februari ini.

Setelah kendaraan diserahterimakan, ia berharap, supaya Pemkot Yogyakarta bisa memperbanyak jumlahnya, sekaligus meminimalisir bus pariwisata yang masuk ke pusat kota.

"Contohnya seperti di Mangunan, sudah ada shuttlenya di Imogiri. Kalau memiliki daya tampung maksimal 10 orang, dengan lima kendaraan yang dihibahkan ini, setidaknya 50 wisatawan bisa terangkut," tuturnya.

Sementara itu, Marketing Manajer shuttle wisata 'Si Thole', Arif Nurrahman, mengaku sudah mendengar informasi dari Pemkot Yogyakarta, terkait hibah kendaraan dari Pemda DIY tersebut.

Namun, untuk jumlah dan bentuk kendaraannya, ia belum mendapat kepastian.

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help