Yang Punya Masalah dengan Kebotakan Jangan Khawatir, Ilmuwan Telah Menemukan Solusinya!

Periset menciptakan 'kulit berbulu' dengan menggunakan sel induk dari tikus, menumbuhkan lapisan atas dan bawah kulit.

Yang Punya Masalah dengan Kebotakan Jangan Khawatir, Ilmuwan Telah Menemukan Solusinya!
ist
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Para ilmuwan tampaknya telah mencapai titik terdekat untuk mendapatkan obat untuk masalah yang hampir dialami orang di seluruh dunia yaitu kebotakan.

Melansir dari Unilad, periset menciptakan 'kulit berbulu' dengan menggunakan sel induk dari tikus, menumbuhkan lapisan atas dan bawah kulit.

Jaringan kulit menyerupai rambut alami lebih dari model lain yang sebelumnya dibuat dan bisa digunakan untuk obat anti-kebotakan masa depan.

Terobosan tersebut dilakukan di Indiana University School of Medicine di Indianapolis dan para ahli mengatakan bahwa kulit yang mereka kembangkan menumbuhkan berbagai jenis rambut, mirip dengan rambut alami yang tumbuh pada tikus.

Kata Profesor Koehler, seperti dilansir dalam Cell Report:

"Ini seperti bola kecil dari serat saku yang mengapung di sekitar media kultur. Kulit berkembang sebagai kista bola dan kemudian folikel rambut tumbuh ke depan ke segala arah, seperti biji dandelion.

"Satu hal yang kami bahas di koran adalah jika kita menghancurkan organoid dan mencoba menyatukannya kembali, mereka tidak selalu menghasilkan folikel rambut.

"Jadi kami pikir sangat penting bahwa sel berkembang bersamaan pada tahap awal untuk membentuk folikel kulit dan rambut dengan benar.

Ini bisa menjadi model unggul untuk menguji obat atau melihat hal-hal seperti perkembangan kanker kulit."

Seperti yang dikatakan dalam Web MD:

Halaman
12
Penulis: Hanin Fitria
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help