TribunJogja/
Home »

DIY

BPBD DIY Waspadai Wabah Pasca Siklon Cempaka

BPBD DIY bekerja sama dengan Dinas Kesehatan akan mencegah wabah penyakit akibat dampak cuaca ekstrem yang terjadi beberapa waktu lalu.

BPBD DIY Waspadai Wabah Pasca Siklon Cempaka
TRIBUNJOGJA.COM / Dwi Nourma Handito
Plt Kepala BPBD DIY, Krido Suprayitno 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bencana Daerah (BPBD)'>Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mewaspadai timbulnya wabah penyakit akibat dampak cuaca ekstrem yang terjadi beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, banyak titik di DIY yang terendam.

Pencegahanan wabah ini menjadi satu dari beberapa poin yang diperhatikan dan akan dilakukan upaya-upaya dalam penanganan pasca bencana.

Plt Kepala Pelaksana BPBD DIY, Krido Suprayitno mengatakan untuk pencegahan wabah pihaknya akan bersama-sama dengan Dinas Kesehatan.

"Pasca kemarin adanya siklon tropis itu kemungkinan-kemungkinan pencegahan wabah. Itu yang harus kita sikapi, jadi kami dari BPBD harus bisa memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan dalam pencegahan wabah," kata Krido usai pertemuan dengan Sekda DIY, Kamis (7/12/2017).

Untuk wabah, Krido mengatakan satu yang diwaspadai adalah penyakit kulit.

Ini berkaca pada kondisi saat cuaca ekstrem menerjang dan mengakibatkan banyak titik terendam dan mengharuskan masyarakat mengungsi ke tempat yang aman.

Selain juga yang diwaspadai penyakit dari ternak‚Äč-ternak yang mati.

"Karena rumah terendam sehingga mungkin kena penyakit kulit, mungkin (penyakit dari) ternak," katanya.

Saat ini menurut Krido sudah tidak ada lagi pengungsi yang bertahan di barak pengungsian.

Namun pengungsi masih kembali ke posko jika ingin mendapatkan layanan kesehatan, pihaknya juga meminta bantuan dari Puskesmas agar dapat memberikan layanan 24 jam.

Adapun pertemuan Krido dengan Sekda DIY, Gatot Saptadi adalah melaporkan satu di antaranya mengenai jumlah kerugian akibat bencana dampak siklon tropis Cempaka.

Krido mengatakan pihaknya sudah membuat jadwal berkaitan dengan rencana pemulihan pasca bencana yang menjadi kebijakan pemerintah daerah.

Selain juga menyiapkan sumber daya manusia dan sumber anggaran.

Peran SKPD teknis menurut Krido akan didorong karena status tanggap darurat DIY ini hanya sampai 14 Desember 2017. (*)

Penulis: dnh
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help