Dirjen SDA Bakal Optimalkan Bendung Kamijoro di Bantul

Peran Bendung Kamijoro nantinya akan sangat penting guna penyediaan air di wilayah Bantul untuk keperluan air baku maupun irigasi.

Dirjen SDA Bakal Optimalkan Bendung Kamijoro di Bantul
Internet / Humas Polsek Pajangan
Bendungan Kamoijoro 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pihak Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) coba ikut memaksimalkan ketersediaan air untuk wilayah Bantul dan sekitarnya.

Selain melalui SPAM Regional Kartamantul di Sedayu, Dirjen SDA juga mengoptimalkan Bendungan Kamijoro di Desa Sendang Sari, Pajangan, Bantul. 

Dirjen SDA, Imam Santoso mengatakan peran Bendung Kamijoro nantinya akan sangat penting guna penyediaan air di wilayah Bantul untuk keperluan air baku maupun irigasi.

"Bendung Kamijoro ini bagian dari program penyediaan air untuk masyarakat DIY khususnya Bantul," ujar Imam. 

Imam yang hadir di acara Pencanangan pemanfaatan SPAM Regional Kartamantul di Instalasi Pengolahan Air (IPA) SPAM Regional Bantar, Klangon, Argosaro, Sedayu, Bantul, Selasa (26/9/2017) menarget Bendungan Kamijoro akan bisa mulai digunakan 2019 mendatang. 

Dalam proses pembangunannya, nantinya akan dilakukan sudetan pasir di bawah air di area bendungan.

"Supaya air bisa kita pompa ke intake di sana sebelum akhirnya digunakan untuk kepentingan kebutuhan air baku dan mungkin juga pengairan dan irigasi masyarakat," kata Imam. 

Bendung Kamijoro menjadi pintu air ke beberapa kecamatan sekitar Bantul seperti Pandak, Srandan, Kretek dan Sanden dengan cakupan lahan sekitar 2.600 hektar.

Bendung peninggalan jaman Belanda ini dikabarkan menghabiskan dana lebih dari Rp 200 M dan untuk keperluan rehabilitasi. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help