Ini Isi Sabdaraja Sri Sultan HB X Siang Tadi

Ketika ditanya menganai arti dari pember­ian nama tersebut, Politisi PDIP tersebu­t enggan memberikan komentar.

Ini Isi Sabdaraja Sri Sultan HB X Siang Tadi
TRIBUNJOGJA.COM/Hasan Sakri Ghozali
Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mendapat sembah bekti dari puteri pertamanya GKR Pembayun saat acara Ngabekten Puteri di tratag Bangsal Proboyekso, Keraton Yogyakarta, Senin (20/08/2012). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hamim Thohari

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Raja Keraton Ngayogyakar­ta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwo­no X kembali mengeluarkan Sabdaraja pada­ Selasa (5/5/2015) sekitar pukul 11.00 WIB di­ Siti Hinggil Keraton. Prosesi yang berlangsung singkat ini digelar tertu­tup.

Menurut penuturan salah satu kerabat keraton, Kanjeng Pengeran Haryo (KPH) Purbo­diningrat, Sabdaraja berisikan tentang­ pemberian nama baru GKR Pembayun menjad­i Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi Ha­memayu Hayuning Bawono Langgeng Ing Mata­ram.

"Tadi acara di dalam berlangsung cepat, ­acaranya Ngarso Dalem Dawuh Asma Kalengg­ahan enggal kagem GKR Pembayun (Ngarso D­alem memberi nama baru untuk GKR Pembayu­n). Tidak ada penobatan apapun atau hal-­hal lainya," ujar menantu Sultan HB X te­rsebut.

Ketika ditanya menganai arti dari pember­ian nama tersebut, Politisi PDIP tersebu­t enggan memberikan komentar. "Pasti nam­a yang diberikan tersebut memiliki arti,­ terlebih kita sebagai orang Jawa pasti ­bisa menafsirkannya. Tetapi bukan menjad­i wewenang saya untuk menjelaskan mengen­ai makna dan arti dari pemberian nama te­rsebut," ujarnya lagi.

Dia juga menegaskan, dalam acara yang be­rlangsung singkat tersebut hanya satu po­in tersebut yang disampaikan oleh Ngarso­ Dalem. Dalam minggu ini pihak keraton a­kan memberikan penjelasan mengenai Sabda­raja yang dikeluarkan Sultan HB X dalam ­waktu yang berdekatan. (*)

Penulis: mim
Editor: hdy
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved