Gajah Sumatera Hanya Tersisa 460 Ekor di Aceh

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mencatat populasi gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus)

Gajah Sumatera Hanya Tersisa 460 Ekor di Aceh
(ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Bayi gajah berumur sembilan bulan yang diberi nama Sarah alias Rosa bermain dengan induknya Suci di Camp Conservation Response Unit (CRU) Sarah Deu Desa Ie Jeureuneuh Kec. Sampoiniet Kab Aceh Jaya, Kamis (30/5). Data WWF menyebutkan populasi gajah Sumatera berada dalam tingkat kepunahan karena setiap bulan ditemukan gajah mati di berbagai tempat akibat maraknya pembukaan lahan baru sehingga habitat satwa dilindungi itu semakin terancam.

TRIBUNJOGJA.COM, BANDA ACEH - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mencatat populasi gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) hanya tersisa sekitar 460 ekor di 16 kabupaten/kota di Provinsi Banda Aceh.

"Untuk se-Aceh masih sekitar 460 ekor, jumlah ini masih bertambah berdasarkan pengamatan di lapangan kita temukan gajah anakan, terakhir di Kabupaten Bener Meriah dari 28 ekor kelompok gajah ada delapan ekor anakan," kata Kepala BKSDA Aceh, Genman S Hasibuan, di Meulaboh, Selasa (19/8/2014).

Hal itu disampaikan usai rapat koordinasi membahas konflik gajah dengan masyarakat Aceh Barat bersama Bupati H T Alaidinsyah serta unsur dunia usaha, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mencari solusi penanganan konflik gajah dengan masyarakat. (ant) 

Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved