Yogya Panas Sekali Hari Ini, Berapa Suhunya?

BMKG Yogyakarta mencatat suhu maksimal yang terpantau pada alat pengukur otomatis pada Kamis (17/10/2013) mencapai 38 derajat celcius.

Yogya Panas Sekali Hari Ini, Berapa Suhunya?
Net
Ilustrasi

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hendy Kurniawan

TRIBUNJOGJA.COM,  YOGYA - BMKG Yogyakarta mencatat suhu maksimal yang terpantau pada alat pengukur otomatis pada Kamis (17/10/2013) mencapai 38 derajat celcius.

Sedangkan kelembaban mencapai titik 33 persen. Dengan demikian, dapat dikategorikan jika DIY mengalami fenomena cuaca ekstrim.

"Parameter maksimal baru masuk pukul 14.00. Besaran itu lah yang kami catat untuk suhu hari ini. Benar ini masuk kategori cuaca ekstrim," terang Analis dan Forecaster Cuaca Iklim BMKG Yogyakarta, Sigit Hadi Prakosa.

Penyebab dari tingginya cuaca ini adalah terjadi deklinasi matahari (bukan titik kulminasi seperti berita sebelumnya).

Pada hari ini (kemarin) posisi matahari berada di 9'02 derajat lintang selatan, atau tepat berada di selatan DIY.

Sigit memaparkan, deklinasi adalah gerak semu matahari dimana posisinya dilihat berdasarkan koordinat lintang bumi. Kondisi ini diprediksi akan berlangsung sampai jelang musim penghujan.

"Kami menggunakan dua alat untuk mengukur suhu cuaca. Pada alat manual tercatat suhu maksimal mencapai 37 derajat celcius. Sedangkan kelembaban 42 persen," bebernya.

Dari dua nilai yang didapat dari dua alat, Sigit sekali lagi menegaskan jika cuaca kali ini masuk dalam kategoti ekstrim. (*)

Penulis: hdy
Editor: dik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved