Percepat Penyuntikan, Pemda DIY Target Tuntaskan Vaksinasi Akhir Tahun Ini

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi penyuntikan vaksin

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemda DIY mengebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya.

Target penuntasan vaksinasi pun diubah karena realisasinya lebih cepat dari perkiraan.

Sebelumnya Pemda DIY menargetkan agar vaksinasi dosis pertama dapat dituntaskan di akhir November.

Target tersebut dipercepat sehingga di bulan Oktober ini harapannya cakupan vaksin dosis pertama bisa menyentuh 100 persen.

Baca juga: Kecelakaan di Jalan Solo-Yogya, Mahasiswi Ini Malah Jadi Korban Pencurian Sepeda Motor

Sedangkan di akhir tahun 2021, seluruh sasaran diharapkan telah tervaksin hingga dosis kedua.

"Kalau bisa akhir tahun ini target untuk (dosis) dua bisa 100 persen. Kalau kemarin kan (targetnya) awal Januari 2022, sekarang karena percepatan itu dosis kedua 100 persen di akhir tahun (2021)," jelas Ketua Tim Percepatan Vaksinasi DIY Sumadi, Jumat (22/10/2021).

Sumadi menjelaskan, total sasaran penerima vaksin di DIY adalah sebanyak 2,8 juta orang. Jumlah tersebut merupakan 70 persen dari total penduduk di DI Yogyakarta.

Jumlah tersebut mengacu standar yang ditentukan oleh Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). Yakni, untuk membentuk kekebalan kelompok terhadap virus Corona, minimal 70 persen warga di suatu daerah harus divaksin Covid-19.

Pemda DIY juga mempertimbangkan keberadaan mahasiswa asal luar daerah yang kuliah di DIY. Sehingga jumlah sasaran saat ini bakal ditingkatkan menjadi lebih dari 3 juta orang.

"Di Yogya ada 270 ribu pelajar mahasiswa yang datang. Untuk angka pastinya kita belum bisa memperkirakan karena data ada di masing-masing perguruan tinggi. Maka kemarin kita minta mendata. Bila ada persoalan vaksinnya bisa koordinasi dengan kami," jelas Sumadi.

Halaman
12