Update Corona di DI Yogyakarta

Update Klaster Takziah di Bantul, 8 Siswa SD Terpapar Covid-19

Penulis: Santo Ari
Editor: Gaya Lufityanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi Virus Corona (Covid-19)

TRIBUNJOGJA.COM - ‎Klaster tilik dan klaster senam di Bantul belum usai, kini muncul klaster Covid-19 baru tepatnya di Kalurahan Argorejo, Kapanewon Sedayu.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja membenarkan adanya klaster baru di Kabupaten Bantul yakni klaster takziah yang terjadi di Kalurahan Argorejo, Kapanewon Sedayu.

Ia mengungkapkan setidaknya ada 21 orang yang terpapar Covid-19 dalam klaster tersebut.

Ia menjelaskan kasus tersebut berawal ketika seorang warga meninggal saat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit swasta dan dinyatakan suspect Covid-19.

Pihak rumah sakit sudah menyatakan bahwa pasien merupakan suspect Covid-19, maka dari itu pemakaman harus menggunakan protokol kesehatan.

Baca juga: Tujuh Pasien Covid-19 Klaster Tilik Diperbolehkan Pulang dari RSLKC Bambanglipuro

Namun hal itu ditolak oleh pihak keluarga.

"Selanjutnya pemakaman dilakukan tanpa menggunakan prokes dan juga diadakan kegiatan tahlil," ungkapnya, Kamis (21/10/2021).

Hingga pada tanggal 2 Oktober 2021 keluar hasil swab dari pasien yang meninggal tersebut dan dari rumah sakit menyatakan bahwa pasien tersebut positif Covid-19.

Berbekal itu, Satgas Covid-19 setempat selanjutnya melakukan tracing kontak erat kepada keluarga pasien yang meninggal.

Dari upaya tersebut muncul dua orang yang positif Covid-19  yakni anggota keluarga yang merupakan seorang guru dan satu orang pria keluarga dari pasien.

Halaman
12