Korea Utara Luncurkan Rudal dari Kereta Api, Mampu Melesat 800 Km Per Jam

Penulis: Hari Susmayanti
Gambar ini diambil pada 15 September 2021 dan dirilis dari Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) pada 16 September menunjukkan latihan uji tembak resimen rudal yang dibawa kereta api.

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Korea Utara kembali melaksanakan uji coba rudal terbarunya pada Rabu (15/9/2021) lalu.

Kali ini uji coba rudal yang dilaksanakan militer Korea Utara berbeda dari uji coba -uji coba sebelumnya.

Dalam uji coba terbarunya, Korea Utara meluncurkan rudal dari sebuah kereta api.

Foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah menunjukkan sebuah rudal bewarna hijau zaitun melesat meninggalkan kolom asap dan api.

Rudal diluncurkan dari atap kereta yang diparkir di rel di daerah pegunungan.

Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, melaporkan Kamis (16/9/2021) bahwa rudal itu dirancang untuk serangan balasan atas potensi kekuatan luar yang mengancam Korut.

KCNA, seperti dilansir dari Channel News Asia, menyebutkan bahwa rudal-rudal itu melesat dengan kecepatan 800 km sebelum mengenai sasaran di laut, lepas pantai timur Korea Utara.

Pada hari Rabu, pihak berwenang Korea Selatan dan Jepang mengumumkan bahwa mereka telah mendeteksi peluncuran dua rudal balistik dari Korea Utara.

Peluncuran rudal itu hanya beberapa hari setelah uji coba rudal jelajah, yang menurut para analis dapat memiliki kemampuan nuklir.

Baca juga: Rudal Balistik Korea Utara Sukses Hancurkan Target Sejauh 1500 Kilometer

Baca juga: Kim Jong-un Gelar Parade Militer Tanpa Rudal Balistik di HUT ke-73 Korea Utara

Peluncuran rudal Korea Utara ini dilakukan pada hari yang sama ketika Korea Selatan menguji rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM.

Halaman
123