Kanal

Profile Picture Guard, Fitur Cegah Pencurian Foto Profil dari Facebook

Facebook uji coba fitur perlindungan Profile Picture. - Facebook

TRIBUNJOGJA.COM - "Pencurian" profile picture di Facebook ternyata cukup meresahkan para penggunanya. Oleh karena itulah, pihak sosial media itu akhirnya membuat sebuah fitur baru bernama Profile Picture Guard.

Apa yang dimaksud dengan "pencurian" profile picture? Yang dimaksud adalah menyimpan atau download, bahkan screenshot profile picture milik pengguna lain.

Cara mengaktifkan fitur Profile Picture Guard ini sangat mudah. Pengguna cukup menekan tombol "turn on profile picture guard" untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Jika sudah aktif, profile picture pengguna akan memiliki tanda khusus, yakni kotak biru lengkap dengan logo perisai di bagian bawah foto profil.

Setelah diaktifkan, pengguna lain sudah tidak bisa mengunduh, berbagi, atau mengirimkan profile picture milik Anda. Selain itu, pengguna yang bukan teman di Facebook, tidak bisa tag pengguna lain, termasuk Anda, di foto profil.
 
Uniknya lagi, pengguna lain tidak bisa mengambil screenshot dari profile picture Anda di Facebook. Fitur ini baru tersedia di perangkat Android, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Minggu (25/6/2017).

Meski begitu, masih ada beberapa celah yang bisa dimanfaatkan untuk "mencuri" profile picture milik pengguna lain. Namun setidaknya, fitur ini merupakan langkah awal dari Facebook untuk foto profil pengguna.

Fitur ini sendiri baru diuji coba di India. Negara-negara lain, termasuk Indonesia, belum mendapatkan fitur tersebut.

Pengguna Facebook di India memang sangat tinggi. Oleh karena itulah, pihak Facebook memilih negara tersebut sebagai yang pertama mendapatkan fitur Profile Picture Guard.

"Di India, kami mendengar bahwa pengguna ingin memiliki kontrol berlebih di profile picture, dan kami bekerja selama beberapa tahun belakangan untuk mengerti bagaimana bisa membantu," kata Facebook.

Masih belum diketahui, kapan fitur ini akan disebar ke negara-negara lain. (kompas)

Editor: oda
Sumber: Kompas.com

Kumpulan Video Nyeleneh Banjir Jakarta, Bermain Perosotan hingga Tiktok

Berita Populer