Berita Klaten Hari Ini

Rekrutmen Panwaslu di 15 Desa Klaten Diperpanjang Tiga Hari Karena Sepi Peminat

Rekrutmen panitia pengawas pemilu (panwaslu) tingkat desa/kelurahan untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah diperpanjang selama tiga hari.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Almurfi Syofyan
Ketua Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrokhman saat melantik 78 anggota Panwascam se-Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Rekrutmen panitia pengawas pemilu (panwaslu) tingkat desa/kelurahan untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah diperpanjang selama tiga hari.

Perpanjangan dilakukan sejak Selasa-Kamis (24-26/1/2023), namun perpanjangan hanya kepada 15 desa yang tersebar di lima kecamatan.

Ketua Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrokhman mengatakan perpanjangan pendaftaran Panwaslu di 15 desa itu karena tak terpenuhinya kuota perempuan hingga sepinya minat warga untuk jadi Panwaslu desa/kelurahan.

Baca juga: LIGA INGGRIS: Manchester United Pertimbangkan Mengontrak Winger Juventus?

"Seleksi panwas desa/kelurahan masih tahap perpanjangan selama tiga hari. Karena ada beberapa desa yang pendaftarannya belum memenuhi kebutuhan," ujarnya pada TribunJogja.com, Kamis (26/1/2023).

Menurutnya, selain 15 desa yang diperpanjang itu, sebanyak 376 desa lainnya di Klaten telah terpenuhi kuota pendaftar Panwaslu desa/kelurahan tersebut.

"Panwas desa/kelurahan ini kita butuhnya satu desa satu panwas. Semoga dengan perpanjangan ini kuota pelamarnya bisa terpenuhi," ucapnya.

Sementara itu, Kordiv OSDM dan Diklat Bawaslu Klaten, Dina Nur Hidayati menambahkan meski kebutuhan Panwaslu desa/kelurahan hanya satu di setiap desa, namun sesuai undang-undang yang berlaku pihaknya tetap memperhatikan keterwakilan kuota perempuan.

"Kita harapkan pada masa perpanjangan ini ada perempuan yang mendaftar untuk panwas desa. Dari 15 desa yang diperpanjang ini, 13 diantaranya untuk kuota perempuan," ucapnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini, sebanyak 1.099 warga telah mendaftarkan diri sebagai Panwas desa/kelurahan, dari jumlah itu sebanyak 577 diantaranya adalah pendaftar laki-laki dan 522 adalah perempuan.

Baca juga: Dua Kapanewon di Gunungkidul Diganjar Penghargaan karena Dinilai Aktif di Administrasi Kependudukan

Diakui Dina, jika seandainya selama tiga hari ini kuota perempuan tak terpenuhi maka tahapan seleksi akan tetap lanjut karena Bawaslu Klaten hanya melakukan satu kali masa perpanjangan.

"Berapapun pendaftar akan kita lanjut ke tahapan selanjutnya yakni wawancara dan pelantikannya akan dilaksanakan pada 5, 6 atau 7 Februari," tukasnya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved