Berita Jogja Hari Ini

BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter Berpeluang Terjadi di Perairan Selatan Yogyakarta

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung memberikan prediksi gelombang tinggi di beberapa titik perairan Jawa

sciencemag.org
ilustrasi gelombang tinggi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung memberikan prediksi gelombang tinggi di beberapa titik perairan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Rabu-Kamis (25-26/1/2023).

Prakirawan Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Adnan Dendy Mardika, mengatakan, gelombang tinggi 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Perairan Selatan dan Samudra Hindia Selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta. 

Prediksi itu ditetapkan berdasarkan pantauannya terhadap kondisi pola angin.

Baca juga: AC MILAN: Update Transfer Christian Pulisic dari Chelsea

"Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot," paparnya melalui keterangan resminya, Rabu (25/1/2023).

Sementara itu, kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara dan Perairan Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna.

Ia pun memberikan imbauan kepada para pelayar untuk tetap memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Baik itu, terhadap perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m) dan kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m).

Baca juga: Wanita yang Dibakar Hidup-hidup di Kota Sorong Adalah ODGJ, Pelakunya Kini Sudah Tertangkap

Begitu pula dengan kapal ukuran besar meliputi kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tutup dia. (Nei)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved