KPU Klaten Resmi Melantik 1.203 Anggota PPS untuk Pemilu 2024, Gajinya Rp1,5 Juta Per Bulan

Ribuan anggota PPS yang dilantik itu akan bertugas di 401 desa kelurahan di Klaten guna menyelenggarakan Pemilu 2024 di tingkat kelurahan atau desa

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Ilustrasi Pemilu 2024 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 1.203 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah untuk Pemilu 2024 resmi dilantik dan diambil sumpah janjinya di Grha Bung Karno, Selasa, (24/1/2023).

Ribuan anggota PPS yang dilantik itu akan bertugas di 401 desa kelurahan di Klaten guna menyelenggarakan Pemilu 2024 di tingkat kelurahan ataupun desa.

Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani, mengatakan sebelum dilantik proses seleksi anggota PPS itu telah dilaksanakan sejak Desember 2022.

Para anggota PPS yang mendaftar dan lolos bukan usulan dari pihak desa namun murni peserta yang ikut seleksi.

"Total pendaftarnya lebih dari 3.000 pendaftar, namun yang lolos sampai ujian tertulis yakni 2.900 peserta," ujarnya saat TribunJogja.com temui di sela-sela kegiatan itu.

Menurut dia, peserta yang lolos seleksi hingga tahap seleksi wawancara yakni 2.144 peserta.

"Kemudian hasilnya kita peringkat rangking satu sampai enam. Namun untuk peringkat satu sampai tiga yang lolos dan dilantik sisanya jadi calon pengganti antar waktu," akunya.

Nilai hasil ujian anggota PPS itu, lanjut dia memang tidak disampaikan secara rinci namun bila ada peserta ingin tahu bisa lihat  secara masing-masing dan cek ke kantor KPU.

Ia menjelaskan, anggota PPS yang dilantik tersebut memiliki masa kerja mulai 25 Januari 2023 hingga 4 April 2024 atau sekitar 15 bulan dengan gaji Rp1,5 juta untuk ketua dan Rp1,3 juta untuk anggota.

"Ini yang diterima macam-macam seperti incumben PPS, ada fresh graduate. Untuk keterwakilan perempuan sudah terwakili yakni 31,4 persen," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani berharap ribuan anggota PPS yang dilantik tersebut bisa bekerja secara maksimal, menjaga profesionalitas serta integritas dalam tugas.

"Saya menyaksikan pelantikan PPS untuk Pemilu 2024. Harapannya dengan tahapan yang sudah dilaksanakan pemilu juga berjalan sukses dan damai," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved