1.116 Anggota PPS di Kabupaten Magelang Resmi Dilantik, Ini Pesan Bupati

Ribuan anggota PPS yang dilantik ini berasal dari 372 desa, dimana masing-masing desa terdiri atas 3 orang terpilih.

dok.istimewa
Ilustrasi Pemilu 2024 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting 

TRIBUNJOGJA.COM,MAGELANG - Sebanyak 1.116 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 Se-Kabupaten Magelang dilantik di Lapangan drh. Soepardi, Kota Mungkid, Selasa (24/1/2023).

Ribuan anggota PPS yang dilantik ini berasal dari 372 desa, dimana masing-masing desa terdiri atas 3 orang terpilih.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, Pemilu 2024 dan Pilkada Tahun 2024 merupakan pesta demokrasi terbesar dalam sejarah Pemilu di Indonesia.

Tentunya ini sebagai kewajiban seluruh warga masyarakat Indonesia untuk mengawal dan mensukseskan jalannya pesta demokrasi tersebut, sejak tahap awal hingga tahap akhir dari rangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan. 

"Dengan dilantiknya Anggota PPS hari ini telah mendapatkan sampiran amanah yang tidak ringan, bahkan bisa dikatakan sangat berat dalam upaya mengawal tegaknya demokrasi,"ujarnya, Selasa (24/01/2023).

"Tugas yang Saudara tunaikan selaku PPS tidak hanya sangat berdampak terhadap kelancaran setiap tahapan Pemilu, namun sangat berdampak besar dalam berjalannya upaya penegakan demokrasi di Negara kita tercinta NKRI ini,"timpalnya.

Oleh karena itu Zaenal mengimbau kepada para anggota PPS harus memegang teguh sumpah dan janji yang sudah diucapkan untuk bekerja dengan jujur, adil, berintegritas tinggi, profesioal dan selalu menjaga netralitas.

Hal itu demi terciptanya pesta demokrasi yang berkualitas dan mampu menghasilkan para wakil rakyat dan pimpinan daerah yang baik dan amanah.

"Meskipun PPKM saat ini telah dicabut oleh Pemerintah, namun harus tetap mengingatkan kepada masyarakat atau peserta demokrasi agar selalu mematuhi protokol kesehatan, supaya pesta demokrasi Tahun 2024 yang akan dilaksanakan ini nantinya bisa berjalan dengan tertib, lancar dan tanpa disertai lagi dengan ancaman pandemi," ujarnya.

"Saya berharap dengan dilantiknya Panitia PPS ini pesta demokrasi bisa berjalan dengan lancar dan saudara sebagai panitia PPS bisa netral dan bisa menjaga tegaknya demokrasi yang ada di Negara yang kita cintai ini, serta dengan kesiapan yang lebih awal bisa menghasilkan hasil yang maksimal," pesannya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, Affifudin menyampaikan agar para anggota PPS Tahun 2024 yang sudah terpilih dan diambil sumpah atau janjinya serta mengucapkan fakta integritas dapat bekerja sebaik-baiknya.

"Sejak dilantiknya saudara-saudara sekalian sebagai penyelanggara pemilu ditingkat Desa, sejak saat ini pula mulai terikat dengan aturan perundang-undangan terkait dengan penyelenggaraa pemilu. Karena itu saudara-saudara harus menjaga diri dengan cara bersikap netral, menjaga integritas, bersikap adil dalam melayani peserta pemilu yaitu partai politik, peserta pemilu, serta tim kampanye Presiden dan Wakil Presiden dan juga Pemilih,"urainya. (*)

 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved