Berita Jogja Hari Ini

Bangunan di Jalan Perwakilan Akhirnya Dibongkar, Ini Komentar Pj Wali Kota Yogya

Deretan bangunan yang berlokasi di sepanjang Jalan Perwakilan, Kota Yogyakarta akhirnya dibongkar dengan alat berat sejak Sabtu (21/1/2023) lalu.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM/Azka Ramadhan
Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sumadi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Deretan bangunan yang berlokasi di sepanjang Jalan Perwakilan, Kota Yogyakarta akhirnya dibongkar dengan alat berat sejak Sabtu (21/1/2023) lalu.

Sesuai rencana, lokasi tersebut bakal menjadi lahan pembangunan Jogja Planning Gallery (JPG), yang menyatu dengan kompleks DPRD DIY.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta , Sumadi mengatakan, selepas melewati rangkaian proses, seluruh pedagang pun sudah sepakat untuk meninggalkan kios-kiosnya.

Sementara, Pemkot Yogya menawarkan kebijakaan afirmasi, serta bersedia menampung pedagang di Pasar Klithikan, Pakuncen, Wirobrajan.

Baca juga: Ruko di Jalan Perwakilan Yogya Dibongkar, Pedagang Klaim Tempat Baru Tak Produktif dan Tidak Layak

"Mereka sudah komitmen meninggalkan tempat. Jadi, selanjutnya teman-teman Dinas PU DIY yang menata kawasan tersebut. Informasinya sementara dipagar, dibikin taman," urainya, Minggu (21/1/2023).

"Tergantung PU, saya dengarnya begitu, intinya mau ditata dulu biar bagus. Nanti tamannya jadi satu sama JPG, tinggal dikembangkan ke utara. Penanganannya sama Pemda DIY itu," tambah Sumadi.

Terpisah, Sektetaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, mengatakan, terdapat 17 pedagang yang menerima kebijakan afirmatif.

Menurutnya, langkah tersebut diambil, sebagai bentuk keberpihakan pada rakyat, meski sejatinya eksekutif tidak mempunyai kewajiban menyediakan tempat baru.

Baca juga: Pedagang Jalan Perwakilan Mulai Membongkar Kiosnya Setelah Sepakat Direlokasi di Pasar Klithikan

"Jadi, ini bukan relokasi, karena kami menawarkan kebijakan afirmasi kepada para pedagang, ya, agar mereka bisa tetap berdagang di tempat lain. Sudah kami berikan penawaran," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Pasar Klitikan dipilih, mengingat lokasi ini terbilang representatif untuk mengakomodasi pedagang Jalan Perwakilan yang mayoritas bergelut di sektor kuliner.

Bukan tanpa sebab, Aman memandang, Jalan HOS Cokroaminoto kini mulai tumbuh menjadi salah satu sentra kuliner di Kota Pelajar.

"Sehingga, keberadaan mereka bisa melengkapi, ya. Penataan Pasar Klitikan juga akan dilakukan. Harapan kami bisa seperti Lantai 2 Pasar Kranggan yang dulu sepi, sekarang diminati," ujarnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved