Berita Purworejo

Bawaslu Purworejo Perpanjang Rekrutmen PKD di 16 Desa Sebab Keterwakilan Perempuan Belum Terpenuhi

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo telah menutup masa pendaftaran calon anggota panitia pengawas pemilu tingkat desa (PKD)

Penulis: Dewi Rukmini | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Dewi Rukmini
Kantor Bawaslu Purworejo di Jalan Jend Sarwo Edhie Wibowo, Kelurahan Sindurjan, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (20/01/2023). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo telah menutup masa pendaftaran calon anggota panitia pengawas pemilu tingkat desa (PKD) pada Kamis (19/01/2023) kemarin. 

Sebelumnya, Bawaslu melalui 16 Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Purworejo telah menggelar rekrutmen PKD pada 14-19 Januari 2023. 

Baca juga: Pegolf Muda DIY, F Nikola Surya Nugraha Finish di Peringkat 3 Kejurnas Golf Junior 2023

Dari hasil pendaftaran itu diperoleh total sebanyak 1.359 calon anggota PKD yang terdiri atas 680 laki-laki dan 679 perempuan.

Dengan demikian, keterwakilan perempuan mencapai angka hampir 50 persen. 

Meskipun secara presentase total, keterwakilan perempuan di Kabupaten Purworejo melebihi target 30 persen.

Namun, dalam kenyataannya ada sebanyak 16 desa yang dipastikan harus mengadakan perpanjangan pendaftaran. 

Hal itu disebabkan, keterwakilan perempuan di desa tersebut belum terpenuhi.

Dan ada juga satu desa yang justru belum terdapat pendaftar laki-laki.
 
"Ada dua Kecamatan yang berpotensi diperpanjang, yakni Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Pituruh," kata Abdul Aziz, Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Kabupaten Purworejo, Jumat (20/01/2023). 

Ia melanjutkan, di Kecamatan Purwodadi terdapat 8 desa yang akan melaksanakan perpanjangan rekrutmen PKD, yang mana 7 desa karena tidak ada pendaftar perempuan, sementara satu desa nihil pendaftar laki-laki. 

Tujuh desa itu adalah Desa Belengdung, Desa Bongkot, Desa Gesing, Desa Karanganyar, Desa Sukomanah, Desa Sumberejo, dan Desa Sumbersari. 

"Kemudian  desa yang hanya ada satu pendaftar perempuan adalah Desa Kentengrejo. Sehingga kami membuka perpanjangan untuk umum (laki dan perempuan). Kalau 7 desa lainnya kan khusus perempuan," jelas Abdul.

Baca juga: Jadi Rekrutan Anyar, Kevin Gomes Yakin Bisa Bersaing di Skuat PSS Sleman

Selanjutnya, di Kecamatan Pituruh, perpanjangan rekrutmen PKD akan menyasar Desa Kendalrejo, Desa Sambeng, Desa Megulung Lor, Desa Brengkol, Desa Kaligondang, dan Desa Kaligintung. Di desa tersebut pendaftaran hanya dibuka untuk calon peserta perempuan. 

Lebih lanjut, ia menyebut perpanjangan masa pendaftaran PKD akan dilaksanakan pada 24-26 Januari 2023. Sementara untuk penggumuman hasil peserta lolos seleksi administrasi adalah 28 Januari 2023, dilanjutkan tes wawancara pada 31 Januari - 2 Februari 2023. 

"Kalau sekarang (20/01/2023) sampai 22 Januari 2023, kami buka untuk perbaikan berkas peserta. Rata-rata berkas yang kurang itu terkait melengkapi surat kesehatan dari puskesmas atau rumah sakit pemerintah dan legalisir fotocopy ijazah. Karena kemarin kebanyakan peserta mendaftarkan diri pas hari terakhir, sehingga mereka tidak sempat (melengkapi)," pungkasnya. (drm)
 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved