Berita Purworejo

Bupati Purworejo Resmikan Gedung Bumdes Desa Pogungkalangan, Ini Harapannya

Bupati Purworejo RH Agus Bastian meresmikan Gedung Bumdes 'Ngudi Berkah' Desa Pogungkalangan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Penulis: Dewi Rukmini | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Dewi Rukmini
Bupati Agus Bastian meresmikan Gedung Bumdes Ngudi Berkah Desa Pogungkalangan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, di tengah acara BSD di desa setempat, Kamis (19/01/2023). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Bupati Purworejo RH Agus Bastian meresmikan Gedung Bumdes 'Ngudi Berkah' Desa Pogungkalangan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, pada Kamis (19/01/2023). 

Peresmian itu ditandai dengan pemotongan pita yang dilaksanakan bersamaan dengan acara Bupati Sobo Desa (BSD) yang digelar di desa setempat. 

Dari pantauan di lapangan, sebelum meresmikan gedung bumdes, kedatangan Bupati Agus disambut dengan nyanyian lagu Mars Purworejo oleh anak-anak SD serta pertunjukan drumband dan tarian dolalak. 

Baca juga: Kakek Asal Bener Purworejo Diringkus Polisi atas Dugaan Rudapaksa Wanita Berkebutuhan Khusus

Bupati Agus juga tampak memborong hasil karya UMKM Desa Pogungkalangan, semisal makanan dan kerajinan tangan, lalu membagikannya kepada beberapa staf ahli.

Selanjutnya, Bupati Agus mendatangi dan meresmikan Gedung Bumdes Ngudi Berkah yang berada di komplek Kantor Kepala Desa Pogungkalangan. 

Kepala Desa Pogungkalangan, Sukarmi, mengatakan, Gedung Bumdes Ngudi Berkah dibangun menggunakan dana desa anggaran 2022 senilai Rp180 juta. 

Di gedung tersebut menyiapkan berbagai macam kebutuhan petani dan peternak, semisal pupuk, obat-obat pertanian, serta pakan ternak mulai dari sapi, kambing, ayam, hingga kucing. 

"Selain itu, di gedung bumdes juga tersedia alat kebutuhan kantor atau ATK. Melayani kebutuhan dari balai desa, TK, Paud, ataupun SD. Kemudian yang mengelola nanti adalah anak-anak karang taruna, agar ada penerus generasi muda," ucapnya kepada Tribunjogja.com di sela acara, Kamis (19/02/2023). 

Pihaknya juga menyediakan pemesanan snack dan catering yang dikelola oleh Bumdes Desa Pogungkalangan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo. 

Ia berharap keberadaan gedung bumdes tersebut bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Desa Pogungkalangan.

Pihaknya mengaku pengadaan bumdes tersebut dilaksanakan untuk berjaga-jaga apabila suatu saat nanti anggaran dana desa dikurangi oleh pemerintah. 

Baca juga: BSD di Desa Banjarejo Purworejo, Warga Minta Bupati Lanjutkan Propendakin

"Lambat laun mungkin dana kami (desa) bakal dikurangi oleh pemerintah. Karena itu kami mengadakan gedung bumdes. Semoga bisa meningkatkan PAD desa, sehingga nanti kami tidak ketergantungan dengan anggaran dari pemerintah. Serta bisa dikembangkan untuk kepentingan masyarakat desa," katanya. 

Sementara itu, selain meresmikan Gedung Bumdes Ngudi Berkah, Bupati Agus juga mengapresiasi kinerja pemerintahan desa (Pemdes) Pogungkalangan yang bisa membayar pajak secara rutin sebelum tanggal jatuh tempo alias tidak pernah telat sejak 2007. 

"Menurut saya, ini bisa menjadi contoh bagi desa lain agar bisa melunasi pajak sebelum jatuh tempo," ucap Bupati Agus. (drm)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved