Jelang Perayaan Tahun Baru Imlek, Harga Cabai Rawit Setan di Pasar Borobudur Magelang Turun

Penurunan harga cabai rawit setan dirasakan sejak usai perayaan natal dan tahun baru 2023 kemarin.

Tribun Jogja/Nanda Sagita Ginting
Juwariyah, seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Borobudur sedang merapikan dagangannya, Rabu (11/01/2023) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Harga komoditi cabai rawit setan menjelang perayaan Imlek di Pasar Borobudur, Kabupaten Magelang mengalami penurunan dari Rp60 ribu per kilogram menjadi Rp45 ribu per kilogram, pada Rabu (11/01/2023).

Seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Borobudur, Juwariyah (42), mengatakan penurunan harga cabai rawit setan dirasakan sejak usai perayaan natal dan tahun baru kemarin.

"Ya turunnya yaitu, perlahan-lahan sejak natal dan tahun baru kemarin,"ungkapnya.

Ia menambahkan, penurunan harga juga dialami komoditi cabai merah keriting. Sedangkan, harga bawang putih dan bawang merah mengalami kenaikan harga.

"Cabai merah keriting dari harga Rp35 ribu perkilogram menjadi Rp30 ribu per kilogram. Bawang merah dari harga Rp32 ribu/kg menjadi Rp35 ribu/kg dan bawang putih dari harga Rp19 ribu/kg menjadi Rp24 ribu per/kg,"ujarnya.

Di sisi lain, harga beberapa komoditi buah-buahan juga mengalami kenaikan menjelang Imlek.

Penjual buah segar di pasar yang sama bernama Muhammad Rizal (23) mengatakan, biasanya  jenis buah yang mengalami kenaikan harga karena paling banyak dicari menjelang perayaan.

Biasanya yang paling banyak dicari itu jenis jeruk, seperti jeruk Santang biasa harganya Rp30 ribu/kg, sekarang Rp40 ribu/ kg.

Lalu, anggur cina juga naik dari harga Rp40 ribu/kilogram menjadi Rp50 ribu/kilogram. 

"Sedangkan, jeruk Mandarin saat ini harganya stabil Rp25 ribu/kg. Begitupun, dengan buah-buah lain harganya juga masih normal seperti, pir Rp30 ribu/kg, Apel Rp25 ribu/kg, dan buah naga Rp10 ribu per kilogram, ini turun,"tambahnya.

Terpisah Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto mengatakan, untuk perayaan Imlek dipastikan persediaan  kebutuhan bahan pokok (Bapok) aman.

"Persediaan Bapok sejauh ini aman, kita akan tetap jaga supaya tetap mencukupi,"urainya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved