Berita Purworejo

Polres Purworejo Lepas 25 Anggota dengan Upacara Wisuda Purna Bakti

Polres Purworejo melepas jajaran anggota Polri dan Aparatur Sipil Negeri (ASN) di lingkungannya yang telah memasuki masa pensiun dengan menggelar Upac

Penulis: Dewi Rukmini | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok Humas Polres Purworejo
Kapolres Purworejo, AKBP Muhammad Purbaja, saat menyerahkan souvenir secara simbolis kepada perwakilan purnawirawan Polri dan ASN yang telah pensiun seusai upacara wisuda purna bakti pada Senin (9/1/2023). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Polres Purworejo melepas jajaran anggota Polri dan Aparatur Sipil Negeri (ASN) di lingkungannya yang telah memasuki masa pensiun dengan menggelar Upacara Wisuda Purna Bakti pada Senin (9/1/2023). 

Upacara wisuda tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Purworejo, AKBP Muhammad Purbaja.

Pelepasan para personil Polres Purworejo dilaksanakan dengan tradisi pedang pora sebagai penghormatan terakhir, dilanjutkan acara ramah tamah di aula setempat. 

Baca juga: Pemerintah Implementasikan BBM Biodiesel B35 Mulai Februari 2023

AKBP Purbaja menyampaikan, jumlah anggota Polri yang mengikuti wisuda purna bakti ada sebanyak 20 personil dan 5 orang PNS.

Mereka telah memasuki masa purna tugas dari Januari sampai Desember 2022. 

Adapun 20 personil yang diwisuda itu terdiri dari 11 perwira menengah (Pama) dan 9 anggota berpangkat Bintara. 

"Pada hakekatnya, upacara purna bakti merupakan penghargaan tulus dan penghormatan setinggi-tingginya bagi anggota Polri atas pengabdiannya selama dinas hingga habis masa jabatan. Selain itu, kegiatan itu juga dimaksud menjadi pengikat tali persaudaraan dan ikatan batin antara para purnawirawan beserta keluarga kepada anggota yang masih aktif," ucap AKBP Purbaja dalam keterangan resmi pada Senin (9/1/2023). 

Ia melanjutkan, gelaran upacara tersebut bukan berarti bahwa pengabdian para wisudawan kepada bangsa dan negara ikut berakhir.

Sebab, ia meyakini bahwa bhayangkara sejati tidak mengenal berhenti dalam mengabdi kepada bangsa dan negara. Seperti ikrar para purnawirawan Polri bahwa sekali bhayangkara tetap bhayangkara. 

"Pada dasarnya, upacara itu hanya sebagai tanda berakhirnya tugas anggota dari dinas Polri. Namun, mereka tetap menjadi keluarga besar Polri yang mempunyai tugas untuk tetap setia melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakt demi terwujudnya keamanan serta ketertiban bersama," katanya. 

Meskipun sudah purna tugas, tetapi AKBP Purbaja berharap, para wisudawan tetap menjadi sosok yang penuh keteladanan dalam menjalankan ketaatan hukum di mata masyarakat.

Baca juga: Inteijen Inggris Pernah Gunakan Utusan PBB untuk Kepentingan di Perang Yaman

Sehingga, bisa dijadikan contoh dalam membangun ketertiban di lingkungan masyarakat dengan tetap bahu-membahu bersama Polri. 

"Kepada para wisudawan, kami memohon doa restu untuk melanjutkan tugas membangun Polri yang lebih baik. Semoga, ke depan anggota Polres Purworejo dapat menjadi sosok polisi yang profesional, modern, dan terpercaya," harapnya.

"Sementara itu, para anggota yang masih aktif, mari kita pergunakan momentum ini untuk meningkatkan tugas dan tanggungjawab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya. (drm)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved