Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

3 Anggota TNI Diberi Penghargaan Setelah Tolong Bocah yang Tercebur Sumur di Candi Borobudur

Tiga anggota TNI 0705/ Magelang yakni Serda  Rahman (34), Serda Wahyu Aji (34), dan Serda M. Subadar (40) mendapatkan penghargaan

TRIBUNJOGJA.COM/Nanda Sagita Ginting
Tiga anggota TNI saat memperlihatkan penghargaan atas jasa kemanusiaan di halaman markas Kodim 0705/Magelang, Senin (09/01/2023) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Tiga anggota TNI 0705/ Magelang yakni Serda  Rahman (34), Serda Wahyu Aji (34), dan Serda M. Subadar (40) mendapatkan penghargaan atas jasanya menyelematkan seorang bocah yang tercebur ke dalam sumur sedalam 12 meter di Candi Borobudur, pada Minggu (01/01/2023) lalu.

Senyum sumringah pun terpancar dari ketiganya ketika menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Kepala Staf Kodim  (Kasdim) Infantri Sudarno saat Apel pagi di halaman depan Markas Kodim 0705/Magelang, pada Senin (09/01/2023).

Kasdim Inf Sudarno mengatakan, pemberian penghargaan kepada tiga anggotanya seizin dari Komandan Kodim 0705 Magelang Letkol Arm Rohmadi.

Baca juga: AC Milan dan Ismael Bennacer Deal Teken Kontrak Baru

"Tujuan diberikan penghargaan adalah mengingatkan bahwa prajurit di mana pun bertugas merupakan suatu panggilan kehormatan. Dan ini menginspirasi semua prajurit setiap tugas apapun tidak menyampingkan kegiatan misi-misi kemanusiaan. Karena, itu melekat pada dada prajurit semuanya,"ujarnya setelah pemberian penghargaan di markas Kodim 0705/ Magelang, pada Senin (09/01/2023).

Ia menambahkan, seseorang prajurit tidak hanya dibentuk untuk mengerjakan tugas pokok yang diberikan pimpinan. Namun, juga dilatih sedemikian rupa untuk selalu melihat kejadian di sekitarnya.

"Jadi, tidak hanya tugas pokok yang diberikan oleh pimpinannya, prajurit kita sudah dilatih sedemikian rupa untuk selalu melihat kejadian yg ada di sekitarnya. Sebagai pengetahuan dasar itu selalu memperkirakan keadaan medan, dan ini selalu melekat kepada prajurit. Sehingga, apapun yang terjadi di wilayahnya wajib hukumnya untuk prajurit ini harus melakukan tindakan," ujarnya.

Tak hanya itu, ia menerangkan adanya pemberian penghargaan tersebut diharapkan mampu menginspirasi bagi prajurit lainnya.

Khususnya bisa berbuat hal yang sama pada kegiatan yang berkenaan dengan manusia.

"Sekali lagi, untuk semua prajurit bukan hanya bertiga ini, khususnya jajaran Kodim 0705/ Magelang. Juga bisa berbuat yang sama di kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan manusia," ucapnya.

Tak hanya penghargaan itu saja, ketiga anggota TNI inipun akan dipanggil oleh Pimpinan tertinggi TNI Angkatan Darat untuk menjadi narasumber dan sosok inspirasi.

Baca juga: Pasukan China Kembali Latihan Tempur Amfibi Dekat Selat Taiwan

"Serda Rahman CS Sudah ada perintah dari pimpinan kami, bahwa pada Selasa besok akan ada acara untuk sebagai narasumber di penerangan angkatan darat dan ini atas rencana pimpinan angkatan darat. Mereka bertiga ini sebagai narasumber dan juga sebagai inspirasi bagi seluruh prajurit angkatan darat lainnya,"terangnya.

Perasaan bahagia tampak jelas dari wajah tiga anggota TNI 0705/ Magelang yakni Serda  Rahman (34), Serda Wahyu Aji (34), dan Serda M. Subadar (40) saat diberi penghargaan oleh institusi yang menaunginya.

Dengan wajah bahagia, mereka memegang piagam penghargaan yang telah dibingkai rapi memakai kaca.

Sersan Rahman mengatakan, sama sekali tidak menyangka bisa mendapatkan penghargaan tersebut.

"Syukur, Alhamdulillah. Atas penghargaan ini menjadi penyemangat kami untuk berbuat lebih baik lagi ke depan,"ucap prajurit asal Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk diketahui, ketiga anggota TNI ini baru bertugas di wilayah Magelang sekitar 2 bulan. Awalnya, Serda Rahman bertugas di Batalyon Artileri Medan 3/Naga Pakca Magelang. Lalu, Serda M. Subadar berasal dari Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Sebelum bertugas di Magelang, dirinya bertugas di Papua.

Terakhir, Serda Wahyu Aji yang berasal dari Kabupaten Madiun, Jawa Timur dulunya bertugas di Kompi Kavaleri Panser 2/JRTR  Sleman, DIY. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved