Berita Wonosobo

Ini Dia Wajah Baru Gelanggang Renang Mangli Wonosobo

Gelanggang Renang Mangli, disebut-sebut, menjadi kolam renang yang representatif dan terbaik di Jawa Tengah.

Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/ISTIMEWA/PEMKAB WONOSOBO
Wajah baru Gelanggang Renang Mangli Kabupaten Wonosobo seusai rampung direvitalisasi, Senin (2/1/2023). 

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSOBO - Seusai revitalisasi, Gelanggang Renang Mangli Kabupaten Wonosobo sudah mulai dibuka untuk umum. Gelanggang Renang Mangli, disebut-sebut, menjadi kolam renang yang representatif dan terbaik di Jawa Tengah.

Revitalisasi ini menghabiskan anggaran Rp6,3 miliar. Gelanggang Renang Mangli Wonosobo telah melalui proses pengerjaan selama 120 hari kontrak kerja.

Sejak 31 Desember 2022, Gelanggang Renang Mangli pun resmi beroperasi lagi.

Kepala Disparbud Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo mengatakan, pengerjaan Gelanggang Renang Mangli selesai 100 persen pada 26 Desember 2022.

"Tarif tiket masuk masih menggunakan tarif lama, yakni sebesar Rp3.000 per orang," katanya.

"Ini sembari menunggu kajian-kajian regulasi tentang penyesuaian harga retribusi pengunjung yang masuk," sambungnya.

Selain itu, sarana prasarana pendukung lainnya juga sudah dipersiapkan secara baik. Misalnya fasilitas tribun, ruang ganti, toilet, kafe, dan lainnya yang berstandar nasional.

Gelanggang Renang Mangli sebelum revitalisasi hanya terdapat 8 garis lintasan. Kini, ada 9 garis lintasan dengan kedalaman kolam 150 sentimeter.

"Kami berharap pengunjung nyaman senang dan tak sekadar olahraga, namun juga berwisata. Kami akan menjadikan tempat ini sebagai sport-tourism,” tambahnya.

Dengan adanya peningkatan Gelanggang Renang Mangli ini diharapkan mampu meningkatkan prestasi bibit atlet renang terbaik Wonosobo. Sehingga, mampu menunjukkan kiprahnya berkompetisi di kancah internasional.

Selain itu juga dari sisi tourism atau pariwisata menjadi satu bagian destinasi olahraga dan pariwisata yang seimbang. “Ke depan, harus ada peningkatan pengunjung kolam renang sehingga berdampak pada peningkatan PAD Pemkab Wonosobo,” tandasnya.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan, Gelanggang Renang Mangli dinilainya menjadi salah satu kolam renang yang representatif dan terbaik di Jawa Tengah.

Menurutnya, hal ini tak lepas dari kerja keras dan dukungan seluruh masyarakat Wonosobo dalam menghadirkan fasilitas olahraga yang representatif guna memajukan prestasi olahraga renang serta mewujudkan Wonosobo Sehat.

“Harus bangga karena mampu merevitalisasi Gelanggang Renang Mangli Wonosobo ini sehingga dapat mewujudkan gedung renang yang representatif bagi anak-anak dan masyarakat umum,” tambahnya.

Pasca revitalisasi rampung, masyarakat Wonosobo diharapkan segera mengetahui dan memanfaatkan fasilitas kesehatan tersebut secara maksimal.

“Mudah-mudahan kehadiran Gelanggang Renang Mangli Wonosobo ini dapat meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat dan Wonosobo pada umumnya," ujar Bupati Afif.

"Jadikan destinasi Gelanggang Renang Mangli sebagai sport tourism yang bagus sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan untuk datang” tandasi Bupati Afif Nurhidayat. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved