Atraksi Gajah dan Pelepasan Merpati Warnai Penyambutan Pengunjung Pertama 2023 di Candi Borobudur

Tradisi rutin ini digelar oleh pengelola Taman Wisata Candi Borobudur merupakan bentuk apresiasi  kepada pengunjung pertama setiap awal tahun.

Tribun Jogja/ Nanda Sagita Ginting
Proses pengalungan bunga saat dilakukan penyambutan pengunjung pertama 2023 di area utama pintu masuk Candi Borobudur, Minggu (01/01/2023) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Penyambutan bagi pengunjung pertama di tahun 2023 yang mendatangi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang diwarnai berbagai kejutan.

Mulai dari penampilan musik tradisional, atraksi gajah hingga pelepasan burung Merpati.

Kegiatan ini berlangsung di kawasan Candi Borobudur pada Minggu (01/01/2023).

Tradisi rutin ini digelar oleh pengelola Taman Wisata Candi Borobudur merupakan bentuk apresiasi  kepada pengunjung pertama setiap awal tahun.

Pantauan Tribunjogja.com di lokasi, pengunjung pertama masuk Candi Borobudur sekitar pukul 06.30 WIB, Minggu (1/1/2023).

Pengunjung ini langsung diarahkan petugas untuk membeli tiket. Kemudian dilanjutkan melewati area pengecekan tiket. 

Setelah melewati pintu utama Candi Borobudur, mereka langsung disambut oleh pihak pengelola berseragam adat Jawa Tengah sekaligus diiringi musik dan sinden.

Tak berhenti di situ, pengunjung langsung dihadiahi suvenir berupa buku tentang seri Borobudur, seri Prambanan dan seri Ratu Boko.

Dilanjutkan dengan pengalungan bunga yang dibawakan langsung oleh dua gajah Sumatera koleksi Candi Borobudur, bernama Zella dan Echa.

Dua gajah betina inipun turut memamerkan atraksinya dengan berlutut di depan pengunjung seakan mengucapkan selamat datang.

Pengunjung saat memberikan makanan kepada gajah saat dilakukan penyambutan di area utama pintu masuk Candi Borobudur, Minggu (01/01/2023)
Pengunjung saat memberikan makanan kepada gajah saat dilakukan penyambutan di area utama pintu masuk Candi Borobudur, Minggu (01/01/2023) (Tribun Jogja/ Nanda Sagita Ginting)

Setelah proses sambutan, pengunjung pun diminta untuk menanam pohon di area Candi Borobudur.

Setelah itu, dilanjutkan dengan melakukan pelepasan burung Merpati di area Councourse. 

Terakhir, sebelum melanjut berwisata, pengunjung juga mendapatkan sarapan gratis dari Hotel Manohara, Borobudur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved