Pemilu 2024

Pesan Mendalam Amien Rais untuk Presiden Jokowi Soal Penyelenggaraan Pemilu 2024

Pesan Amien Rais untuk Presiden Jokowi itu ia sampaikan setelah partainya dinyatakan lolos verifikasi faktual dan resmi menjadi peserta Pemilu 2024.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Via Kompas.com
Ilustrasi - Foto dok: Amien Rais saat memperkenalkan logo Partai Ummat pada Selasa (10/11/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - Amien Rais menyampaikan pesan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu 2024

Pesan Ketua Majelis Syura Partai Ummat untuk Presiden Jokowi itu ia sampaikan setelah partainya dinyatakan lolos verifikasi faktual dan resmi menjadi peserta Pemilu 2024.

Intinya, Amien Rais meminta Presiden Jokowi berkomitmen agar Pemilu 2024 diselenggarakan tepat waktu sesuai yang sudah dijadwalkan.

Dalam pernyataannya, Amien Rais juga menyampaikan harapannya Presiden Joko Widodo dapat menjadi Bapak Bangsa setelah selesai menjadi presiden.

Amien Rais tak ingin Jokowi tergoda dengan wacana penambahan masa jabatan presiden yang muncul beberapa waktu lalu, laporan kompas.com dikutip Tribun Jogja hari ini.

“Tolong Presiden Jokowi, bayang-bayang untuk menambah 2 tahun, 3 tahun (masa jabatan) itu juga lupakan,” ujar Amien ditemui di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta, Jumat (30/12/2022).

“Jadi Insya Allah, kita mendukung, mudah-mudahan Presiden kita yang sekarang ini, Pak Jokowi itu, tanggal 20 Oktober 2024 sudah selesai, purnatugas. Insya Allah, menjadi guru bangsa, dan seterusnya,” paparnya.

Amien Rais menyampaikan hal itu setelah KPU memutuskan Partai Ummat lolos verifikasi faktual dan resmi menjadi peserta Pemilu 2024.

Ia meminta agar Jokowi berkomitmen untuk menyelenggarakan pemilu tepat waktu, sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Ini message saya kepada Presiden Jokowi. Mudah-mudahan Pemilu 2024 jangan pernah ditunda atau diundur. Karena tidak ada alasan,” ungkapnya.

Amien Rais juga mengapresiasi kinerja KPU yang akhirnya meloloskan Partai Ummat.

Menurutnya, partisipasi pertama Partai Ummat dalam kontestasi elektoral tak akan terjadi tanpa upaya dari KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Ternyata, alhamdulilah, keindahan demokrasi Indonesia ini, artinya selalu terbuka dengan perbaikan,” ujarnya.

Diketahui, KPU menyatakan Partai Ummat menjadi peserta Pemilu 2024 setelah lolos verifikasi faktual di 34 provinsi Tanah Air.

Partai Ummat dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) di dua provinsi yang sebelumnya tak memenuhi syarat (TMS) yakni Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Utara (Sulut).

Partai Ummat mendapatkan nomor urut 24 pada kontestasi elektoral mendatang.

Dengan bergabungnya Partai Ummat maka Pemilu 2024 bakal diikuti oleh 18 parpol nasional dan 6 parpol lokal Aceh.

(*)

Artikel tayang di https://nasional.kompas.com/read/2022/12/30/19230751/amien-rais-ingin-jokowi-jadi-bapak-bangsa-setelah-selesai-jadi-presiden

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved