Berita Purworejo

Bupati Purworejo Lantik Kepala Desa Pengganti Antar Waktu Desa Curug

Bupati Purworejo RH Agus Bastian melantik Kepala Desa Penganti Antar Waktu (PAW) Desa Curug, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo pada Kamis (29/12

Penulis: Dewi Rukmini | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Dewi Rukmini
Proses pelantikan Kepala Desa PAW Desa Curug, Kecamatan Ngombol, di Pendopo Kabupaten Purworejo pada Kamis (29/12/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Bupati Purworejo RH Agus Bastian melantik Kepala Desa Penganti Antar Waktu (PAW) Desa Curug, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo pada Kamis (29/12/2022). 

Pelantikan kepala desa antar waktu dipusatkan di Pendopo Kabupaten Purworejo dengan dihadiri Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Sekretaris Daerah Said Romadhon, jajaran Forkompinda, Forkompimca, dan perwakilan warga desa. 

Baca juga: Gunungkidul Panen Perdana Kedelai Jelang Akhir Tahun

Kepala Desa Penganti Antar Waktu (PAW) Desa Curug, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang baru saja dilantik bernama Sumarman (62). 

Bupati Agus mengatakan bahwa pemilihan kepala desa (pilkades) PAW dapat dilaksanakan apabila kepala desa definitif diberhentikan atau sudah meninggal dunia saat masih menjabat, sehingga menyisakan masa jabatan lebih dari satu tahun. 

Hal itu sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2015 tentang pencalonan, pemilihan, pengangkatan, dan pemberhentian kepala desa antar waktu. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Agus mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi atas dedikasi Kepala Desa Curug sebelumnya, Rusmanto, yang telah meninggal dunia saat masih mengemban amanah dari warga. Rasa terima kasih itu ia haturkan kepada keluarga almarhum yang hadir dalam acara tersebut. 

Selanjutnya, Bupati Agus juga memberikan selamat kepada Kepala Desa PAW Desa Curug, Sumarman, yang baru saja dilantik. 

Pihaknya meminta kepala desa terkait segera melakukan konsolidasi internal dengan jajaran perangkat desa, serta menyelarasakan kinerja agar program pembangunan desa dapat berjalan sesuai arahan dan kebijakan pemerintah daerah. 

"Lakukan komunikasi dan koordinasi agar desa dapat bersinergi dan mendukung program pemerintah daerah maupun pusat. Selama menjabat dan mendapatkan amanah dari warga, mohon untuk senantiasa melaksanakan semua kegiatan dengan merujuk pada regulasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami tidak ingin ada kepala desa yang berurusan dengan aparat penegak hukum," pesan Bupati Agus. 

Baca juga: Kasus Pekerja Migran Indonesia Ilegal Tinggi, BP2MI: Jangan Tergoda Calo

Terpisah, Kepala Desa PAW Desa Curug, Sumarman, mengaku siap memimpin desa dan mengemban tugas untuk memimpin desa hingga 8 Mei 2025. Ia menyebut, memiliki impian untuk membuat Bumdes Jaya demi kesejahteraan dan kemanfaatan warga Desa Curug. 

"Saya siap sekali memimpin desa. Insya Allah saya punya impian Bumdes Jaya untuj kesejahteraan dan kemanfaatan warga desa kami. Program terdekat, Insya Allah, saya akan mengadakan selapanan untuk membicarakan semua kepentingab warga desa dalam rangka kemajuan atau kebaikan permasyarakatan," ucapnya. 

Lebih lanjut, Kadin DP3APMD Kabupaten Purworejo, Laksana Sakti, mengungkapkan, sepanjang 2022 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo telah melantik sebanyak 8 (delapan) Kepala Desa PAW. Pelantikan itu dilaksanakan karena kepala desa sebelumnya telah meninggal dunia dan menyisakan masa jabatan lebih dari satu tahun. 

"Kepala Desa PAW yang kami lantik sepanjang 2022 ini antara lain dari Desa Kebon Gunung, Desa Trirejo, Desa Bruno Rejo, Desa Watu Duwur, Desa Binangun, Desa Brian, Desa Wonosari, dan terakhir Desa Curug. Kalau yang antri ada dari Desa Jeruken di Kecamatan Ngombol, tetapi pelantikannya kemungkinan Januari 2023 karena ini baru proses," ungkapnya. (drm)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved