Berita Purworejo

Malam Tahun Baru Ada CFN di Alun-alun Purworejo, Dishub Petakan Rekayasa Lalu Lintas

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo berencana menggelar car free night (CFN) di kawasan Alun-alun Purworejo saat momen perayaan tahun baru. 

Penulis: Dewi Rukmini | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Dewi Rukmini
Dishub Purworejo telah memasang beberapa penunjuk arah tambahan di sejumlah titik yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas dan penutupan jalur saat perayaan malam tahun baru. Penunjuk arah itu berada di simpang empat Monumen Jenderal A. Yani depan SMAN 6 Purworejo, Rabu (28/12/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo berencana menggelar car free night (CFN) di kawasan Alun-alun Purworejo saat momen perayaan tahun baru. 

Hal itu berarti, di kawasan Alun-alun Purworejo pada Sabtu (31/12/3022) malam akan steril dari kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda empat.

Upaya tersebut dilakukan untuk menanggulangi kemacetan dan penumpukan kendaraan di pusat kota saat momen pergantian akhir tahun. 

Baca juga: PPP Bidik Tiga Kursi Legislatif di DIY Pada Pemilu 2024

Oleh karena itu Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Purworejo telah memetakkan sejumlah titik yang akan dilakukan penutupan jalur dan rekayasa lalu lintas. 

Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinhub Purworejo, Harno Muchni, mengungkapkan, penutupan jalan di sekitar Alun-alun Purworejo akan dimulai pada pukul 17.00 WIB hingga 00.05 WIB pada 1 Januari 2022.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, pihaknya akan dibantu oleh kepolisian, Satpol PP, dan instansi terkait. 

"Kita besok mulai apel sekitar pukul 15.30 WIB dan penutupan seluruh area di sekitar Alun-alun Purworejo mulai pukul 17.00 WIB. Tetapi, karena di monumen tugu clorot ada pentas seni pada pukul 15.00 WIB, maka kami mulai lebih awal dalam menutup akses jalan R.A.A Tjokronegoro (utara alun-alun)," ungkap Harno kepada Tribunjogja.com, Rabu (28/12/2022). 

Ia merincikan beberapa titik yang menjadi fokus penutupan saat gelaran itu antara lain di simpang empat Mranti yang arah ke selatan, simpang empat depan RSU Aisyiyah, simpang empat Gedung Kesenian, dan simpang empat depan SMPN 2 Purworejo di sisi timur. 

"Dari SMPN 2 Purworejo nanti kami akan bagi dua jalur, jadi yang ke arah Plaosan itu khusus untuk sepeda motor, sedangkan kendaraan roda empat kami arahkan ke utara," jelasnya. 

Kemudian dari arah selatan, titik penutupan berada di simpang empat Jalan Ksatrian dan simpang empat Rutan, pengendara akan diarahkan ke barat.

Selain itu di simpang tiga Kartini dab simpang tiga Dewi Sartika juga akan dilakukan penutupan total, sehingga tidak ada kendaraan yang memasuki area Alun-Alun Purworejo. 

Lebih lanjut, Dishub Purworejo juga telah menyiapkan kantung-kantung parkir yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang ingin menghabiskan malam akhir tahunnya di Alun-alun Purworejo

Lokasi parkir nantinya akan dipusatkan di Lapangan Garnizum yang berada di utara Alun-alun Purworejo dan juga bisa menempati halaman Showroom UMKM milik Kodim.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved